TINDAK PIDANA MENGHALANG-HALANGI KEGIATAN SERIKAT PEKERJA / BURUH (UNION BUSTING)

D J U A N T O, S.H., 031414153067 (2018) TINDAK PIDANA MENGHALANG-HALANGI KEGIATAN SERIKAT PEKERJA / BURUH (UNION BUSTING). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2021.

Download (711kB)

Abstract

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai hak-hak yang bersifat universal yang dikenal sebagai hak asasi manusia (untuk selanjutnya disebut HAM). HAM merupakan hak yang secara kodrat melekat pada setiap manusia. HAM bersifat universal dan langgeng, sehingga harus dihormati, dilindungi, dipertahankan dan tidak boleh dikurangi serta tidak dapat dirampas oleh siapapun juga. Salah satu bentuk HAM adalah hak setiap orang untuk berkumpul dan berserikat. Hak berserikat adalah hak yang bersifat universal dan hak tersebut dimiliki setiap manusia termasuk didalamnya adalah buruh. Pengaturan hak berserikat bagi buruh dalam suatu negara harus memperhatikan kepentingan buruh, pengusaha dan negara. Indonesia telah memiliki aturan hukum tentang hak berserikat bagi buruh. Perlindungan kepada buruh dalam melaksanakan kebebasan berserikat sangat penting untuk dilakukan. Perlindungan tersebut terwujud dalam berbagai ketentuan perundang-undangan dan Putusan Pengadilan tentang tindak pidana menghalang-halangi kegiatan serikat pekerja/buruh (union busting), dimana dalam praktiknya sering terjadi tindakan menghalang-halangi kegiatan serikat pekerja/buruh.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TH 08/18 Dju t
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Kebebasan Berserikat, Union Busting, Putusan Pengadilan
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
D J U A N T O, S.H., 031414153067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Basuki Minarno, Prof.Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2018 18:30
Last Modified: 19 Feb 2018 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item