PENGGUNAAN TANAH WAKAF UNTUK PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN

NOVITA TRY JAYANTI, S.H., 031524253006 (2018) PENGGUNAAN TANAH WAKAF UNTUK PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Terdapat aturan yang memperbolehkan tanah wakaf dimanfaatkan untuk pembangunan rumah susun bagi kepentingan umum. Pembangunan rumah susun diatas tanah wakaf tersebut didasarkan pada Pasal 18 Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Pembangunan rumah susun dilakukan dengan sistem sewa atau kerja sama pemanfaatan sesuai dengan ikrar wakaf. Apabila dicermati kembali, dalam ketentuan Undang – Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, perubahan terhadap status harta benda wakaf cenderung merujuk pada proses penukaran terhadap benda wakaf, yang membawa akibat harta benda wakaf yang sudah diubah statusnya karena adanya penukaran tersebut wajib ditukar dengan harta benda yang manfaat dan nilai tukar sekurang – kurangnya sama dengan harta benda wakaf. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa Nadzir sebagai pengelola tanah wakaf tidak memiliki wewenang untuk menyewakan tanah wakaf dan dianggap bertentangan dengan ketentuan Pasal 44 ayat (1) Undang – Undang Pokok Agraria, karena tanah yang dapat disewakan hanyalah tanah yang berstatus hak milik. Selain itu berkaitan dengan kepemilikan satuan rumah susun terhadap berakhirnya jangka waktu sewa atas tanah wakaf, berlaku asas pemisahan horizontal yang pada prinsipnya ada pemisahan antara tanah dan segala sesuatu yang melekat di atasnya. Sehingga Kepemilikan bangunan rumah susun yang berdiri diatas tanah wakaf harus dinyatakan secara jelas dalam perjanjian sewa menyewa tanah wakaf.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 05/18 Jay p
Uncontrolled Keywords: Tanah Wakaf, Rumah Susun, Pemisahan Horizontal
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
NOVITA TRY JAYANTI, S.H., 031524253006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Hajati, Prof.Dr.,S.H.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2018 20:21
Last Modified: 19 Feb 2018 20:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69868
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item