PERLINDUNGAN HUKUM BAGI BANK SYARIAH DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM HAL KEPAILITAN NASABAH

DANIAL NAJIH RABBANI, S.H., 031524253060 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI BANK SYARIAH DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM HAL KEPAILITAN NASABAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Kasus dalam dunia perbankan konvensional ataupun perbankan syariah semakin bertambah banyak, hal ini menyebabkan meningkat pula kebutuhan akan jaminan kepastian hukum di ranah perbankan agar tidak ada yang merasa dirugikan. Dalam pemberian jaminan kepastian hukum tersebut diperlukan peran hukum tertulis yang tertuang dalam akad pada pembiayaan mudharabah. Akad mudharabah sendiri merupakan pembiayaan bagi hasil antara bank syariah dengan nasabah. Namun tidak sedikit pembiayaan syariah mengalami permasalahan. Seperti kepailitan yang dialami seorang nasabah akibat tidak dapat mengelola suatu usahanya dengan baik. Nasabah yang pailit akan dieksekusi jaminannya oleh pihak bank syariah dengan menjual objek jaminan. Hasil penjualan jaminan akan dibayarkan terhadap tanggungan nasabah terhadap bank syariah. jika ada sisa penjualan, maka harta tersebut diserahkan kepada kurator untuk dibayarkan kepada utang nasabah terhadap kreditur lainnya. Namun, apabila penjualan jaminan tidak dapat memenuhi utangnya terhadap bank syariah, maka bank syariah mengajukan piutang kepada kurator untuk penyelesaian sisa piutangnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 19/18 Rab p
Uncontrolled Keywords: Mudharabah, Pailit, Jaminan
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB2000-2035 Public law. The State
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
DANIAL NAJIH RABBANI, S.H., 031524253060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbd Shomad, Prof.,Drs.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2018 23:15
Last Modified: 19 Feb 2018 23:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69882
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item