PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT TERHADAP JOB PERFORMANCE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA DI PT PETROKIMIA GRESIK

MUHAMMAD ITQON GHULAMI, 041411223089 (2017) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT TERHADAP JOB PERFORMANCE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA DI PT PETROKIMIA GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
B. 68-18 Ghu p abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
B. 68-18 Ghu p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kinerja karyawan yang tinggi merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Pencapaian itu didukung dengan kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya manusianya. Kemampuan perusahaan tersebut dalam mengelola sumber daya manusianya tercermin dari tingginya kinerja karyawan dalam mencapai tujuan.. Peningkatan Perceived Organizational Support, Psychological Empowerment, dan Organizational Citizenship Behavior menjadi faktor yang diharapkan dapat meningkatkan Job Performance karyawan. Perceived Organizational Support (X1), Psychological Empowerment (X2) dan Organizational Citizenship Behavior (Z) menjadi variabel yang terkait dengan Job Performance (Y). Job Performance dapat meningkat apabila Perceived Organizational Support dan Psychological Empowerment telah diterapkan dengan baik, dengan dimediasi oleh Organizational Citizenship Behavior menjadi bagian dari organisasi. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Divisi Sumber Daya Manusia PT Petrokimia Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Perceived Organizatonal Support dan Psychological Empowerment mempunyai pengaruh terhadap Job Performance pada karyawan PT Petrokimia Gresik serta untuk membuktikan bahwa Perceived Organizational Support dan Psychological Empowerment mempunyai pengaruh terhadap Job Performance melalui Organizational Citizenship Behavior. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 56 karyawan yang terbagi dalam 3 departemen kerja yaitu Departemen Operasional SDM, Departemen Perencanaan SDM, dan Departemen Pengembangan SDM. Pada penelitian ini Perceived Organizational Support dan Psychological Empowerment sebagai variabel independen, Job Performance sebagai variabel dependen, dan Organizational Citizenship Behvior sebagai variabel intervening. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa Perceived Organizational Support dan Psychological Empowerment mempunyai pengaruh terhadap Job Performance, dan Organizational Citizenship Behavior terbukti memediasi hubungan antara Perceived Organizational Support dan Psychological Empowerment terhadap Job Performance pada karyawan dengan yang bekerja pada Divisi Sumber Daya Manusia di PT Petrokimia Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 68-18 Ghu p
Uncontrolled Keywords: Perceived Organizational , Psychological Empowerment, Organizational Citizenship Behavior dan Job Performance.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ITQON GHULAMI, 041411223089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Siwi Agustina, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Feb 2018 20:13
Last Modified: 21 Feb 2018 20:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69904
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item