TRANSPARANSI ADMINISTRASI KEUANGAN DESA (STUDI PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PENDEKATAN GOOD VILLAGE GOVERNANCE DI DESA KENONGO DAN DESA GELANG KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO)

NABRIA INTAN SARI, 071311133010 (2017) TRANSPARANSI ADMINISTRASI KEUANGAN DESA (STUDI PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PENDEKATAN GOOD VILLAGE GOVERNANCE DI DESA KENONGO DAN DESA GELANG KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.01 18 Sar t.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.01 18 Sar t.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Dana Desa yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat menjadi solusi dalam melakukan pembangunan desa. Pembangunan desa dengan bantuan dana yang besar dari pemerintah pusat menuntut penyelenggaran pemerintahan desa yang baik dan transparan. Hal ini bisa dilihat dari baik tidaknya pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh desa sesuai dengan konsep desa membangun. Berawal dari transparansi yang dilaksanakan akan berdampak pada prinsip – prinsip dan proses lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengelolaan Dana Desa yang transparan dalam pendekatan Good Village Governance. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Kenongo dan Desa Gelang. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Dana Desa baik di Desa Kenongo dan Desa Gelang sudah berjalan dengan baik dan cukup transparan. Terdapat kendala dalam setting waktu proses pencairan dana desa yang berdampak pada perubahan prioritas pembangunan yang sudah direncanakan dalam APBDes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.01/18 Sar t
Uncontrolled Keywords: Transparansi, Dana Desa, Good Village Governance.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NABRIA INTAN SARI, 071311133010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof., Dr., Drs., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2018 19:02
Last Modified: 21 Feb 2018 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69940
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item