HUBUNGAN MOTIVASI REMAJA PUTRI DENGAN TINDAKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DALAM UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA

YOHANA EKA RISMAWATI RESBAL, 131211131016 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI REMAJA PUTRI DENGAN TINDAKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DALAM UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N 40 -18 Res h-Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N 40 -18 Res h.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan Kanker payudara merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia pada wanita. Pada dasarnya kanker payudara bisa dideteksi sejak dini. Pendeteksian yang lambat menyebabkan progresifitas kanker semakin tinggi dan berdampak kematian. Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Motivasi merupakan modal dasar dalam melakukan tindakan SADARI. Berdasarkan studi pendahuluan mengatakan bahwa motivasi remaja putri dalam melakukan sadari masih rendah. Metode Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara motivasi dan tindakan remaja putri dalam melakukan SADARI sebagai upaya deteksi dini kanker payudara. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga program reguler tahun 2012. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel independen yang diukur adalah motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik dalam melakukan SADARI dan variabel dependen yang diukur ialah tindakan deteksi dini kanker payudara yaitu SADARI. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan uji statistic spearman rho. Dengan tingkat signifikansi α = 0,05 Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik tidak memiliki hubungan yang signifikan (p=0,952) dan motivasi intrinsik terhadap SADARI juga tidak memiliki hubungan yang signifikan (p=0,882). Diskusi Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi remaja putri dengan tindakan SADARI sebagai deteksi dini kanker payudara. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan motivasi remaja putri dalam SADARI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 40/ 18 Res h
Uncontrolled Keywords: Motivation, BSE, Early Detection, Breast Cancer
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG491-499 Diseases of the breast
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YOHANA EKA RISMAWATI RESBAL, 131211131016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTintin Sukartini, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorRetnayu Pradanie, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 21 Feb 2018 19:17
Last Modified: 21 Feb 2018 20:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item