DIFUSI INOVASI PELAYANAN PUBLIK (INOVASI PELAYANAN “SAMSAT ON THE SPOT” DI KANTOR BERSAMA SAMSAT KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG)

RAHMALIA IBENTY MARDIYANTI, 071311133004 (2017) DIFUSI INOVASI PELAYANAN PUBLIK (INOVASI PELAYANAN “SAMSAT ON THE SPOT” DI KANTOR BERSAMA SAMSAT KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.04 18 Mar d.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.04 18 Mar d.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.04 18 Mar d.pdf

Download (631kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan difusi inovasi pelayanan “Samsat on The Spot” di Kantor Bersama Samsat Karangploso dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya. Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya permasalahan banyaknya dan bertambahnya jumlah obyek kendaraan bermotor sehingga memunculkan inovasi pelayanan “Samsat on The Spot”. Selain itu, berkaitan dengan berapa kali petugas dalam memberikan sosialiasi mengenai pelayanan “Samsat on The Spot”. Teori yang dipakai yaitu pertama teori dari Everett M Rogers (2003) untuk saluran komunikasi pada difusi inovasi dan tahapan proses keputusan inovasi. Kedua yaitu teori kolaborasi tentang faktor-faktor yang memengaruhi difusi inovasi dari Ahmed H Tolba dan Maha Mourad (2011) seperti faktor individu dan faktor budaya, dan Marshall H Becker (1970) untuk faktor sumber informasi yang terpercaya. Metode pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penetapan informan dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa dalam difusi inovasi pelayanan “Samsat on The Spot” berjalan kurang baik. Saluran komunikasi yang digunakan adalah saluran interpersonal dan media massa dan tahapan proses keputusan inovasi yang ada yaitu tahap pengetahuan, tahap persuasi, tahap keputusan, tahap pelaksanaan, dan tahap konfirmasi. Untuk faktor yang memengaruhi difusi inovasi pelayanan “Samsat on The Spot” yaitu faktor individu cukup memengaruhi difusi inovasi pelayanan “Samsat on The Spot”, faktor budaya seperti kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak dan tidak adanya resiko yang didapatkan wajib pajak pada pelayanan “Samsat on The Spot”, dan sumber informasi yang terpercaya berasal dari sosialisasi petugas, “Rujak Limpung”, banner, dan media elektronik (koran elektronik dan radio). Ditemukan faktor lain yang memengaruhi yaitu faktor internal petugas dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.04/18 Mar d
Uncontrolled Keywords: Pelayanan publik, difusi inovasi, pelayanan Samsat on The Spot.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
RAHMALIA IBENTY MARDIYANTI, 071311133004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2018 19:20
Last Modified: 21 Feb 2018 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item