LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN SEBELUM DEBITOR DINYATAKAN WANPRESTASI

RION APRALOKA, S.H., 031614253002 (2018) LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN SEBELUM DEBITOR DINYATAKAN WANPRESTASI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Sebelum Debitor Dinyatakan Wanprestasi” dengan 2 (dua) pkok permasalahan yaitu : (1) Bagaimana keabsahan lelang eksekusi hak tanggungan yang dilakukan sebelum debitor dinyatakan wanprestasi oleh kreditor (Bank)?; (2) Bagaimana perlindungan hukum bagi debitor pemberi hak tanggungan yang bendanya dilelang sebelum debitor dinyatakan wanprestasi oleh kreditor (Bank)? Penelitian ini adalah jenis penelitian hukum dengan metode penelitian hukum normatif. Disamping itu, penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue approach), pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian tesis ini menunjukan bahwa lelang eksekusi hak tanggungan yang dilakukan sebelum debitor dinyatakan wanprestasi oleh kreditor (bank) adalah perbuatan melanggar hukum dan tidak berhaknya kreditor untuk melakukan lelang eksekusi hak tanggungan menyebabkan tidak terpenuhinya syarat materil dalam perlaihan hak atas tanah melalui lelang, sehingga lelang eksekusi hak tanggungan sebelum debitor wanprestasi adalah tidak sah dan batal demi hukum. Perlindungan hukum bagi pemberi hak tanggungan yang bendanya dilelang sebelum debitor wanprestasi adalah melalui upaya gugatan pembatalan lelang baik sebelum maupun setelah lelang dan gugatan ganti rugi oleh kreditor dan pejabat lelang, gugatan tersebut didasarkan pada Pasal 1365 KUHPerdata.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 46/18 Apr l
Uncontrolled Keywords: lelang, hak tanggungan, wanprestasi
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB2000-2035 Public law. The State
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
RION APRALOKA, S.H., 031614253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.Hadi Subhan, Dr.,S.H.,M.H.,CNUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2018 19:31
Last Modified: 21 Feb 2018 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69953
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item