EVALUASI DAMPAK SOSIAL EKONOMI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENGADAAN TANAH PROYEK PEMBANGUNAN PELABUHAN INTERNASIONAL JIIPE (JAVA INTEGRATED INDUSTRIAL AND PORT ESTATE) DI KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK

Nur Rohma, 071311133027 (2017) EVALUASI DAMPAK SOSIAL EKONOMI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENGADAAN TANAH PROYEK PEMBANGUNAN PELABUHAN INTERNASIONAL JIIPE (JAVA INTEGRATED INDUSTRIAL AND PORT ESTATE) DI KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.14 18 Roh e.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.14 18 Roh e.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.14 18 Roh e.pdf

Download (274kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan karena banyaknya kegiatan pengadaan tanah untuk pembangunan kepentingan umum yang dapat berpotensi mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana evaluasi dampak sosial ekonomipelaksanaan kebijakan pengadaan tanah proyek pembangunan pelabuhan internasional JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate) di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan metode snowball sampling karena dianggap sebagai pihak yang paling mengetahui dan memahami tentang proses pelaksanaan dan dampak pelaksanaan dari kebijakan pengadaan tanah pada masyarakat sekitar proyek pembangunan pelabuhan internasional JIIPE. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak dari pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan Pelabuhan Internasional JIIPE ialah ada yang diharapkan (intended) dan tidak diharapkan (unintended). Dampak yang diharapkan (intended), terkait penyerapan tenaga kerja saat ini belum sepenuhnya dirasakan masyarakat terdampak, sebab pembangunan kawasan JIIPE masih dalam proses pembangunan. Sedangkan dampak yang tidak diharapkan (unintended), ialah berpengaruh terhadap perubahan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, diantaranya perubahan pada kondisi desa, terjadinya perkembangan penduduk, perubahan kondisi lingkungan sosial masyarakat, perubahan mata pencaharian masyarakat, perubahan pendapatan/penghasilan masyarakat, perubahan pada pemenuhan kebutuhan, penyerapan tenaga kerja yang belum dirasakan masyarakat, serta terjadinya perkembangan struktur ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.14/18 Roh e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelaksanaan Pengadaan Tanah, Dampak yang diharapkan dan tidak diharapkan
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Nur Rohma, 071311133027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnton Mardiyanta, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2018 22:14
Last Modified: 21 Feb 2018 22:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item