EFEKTIVITAS DIALOG JUMAT SEBAGAI MODEL PEMBUATAN KEBIJAKAN PUBLIK DELIBERATIF DI KABUPATEN BOJONEGORO

Bintan Aulia Habibah, 071411131068 (2017) EFEKTIVITAS DIALOG JUMAT SEBAGAI MODEL PEMBUATAN KEBIJAKAN PUBLIK DELIBERATIF DI KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.16 18 Hab e.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.16 18 Hab e.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.16 18 Hab e.pdf

Download (285kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui efektivitas Dialog Jumat sebagai model pembuatan kebijakan publik deliberatif di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini didasarkan atas faktor praktek demokrasi deliberatif di Indonesia. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif yang menyajikan dan memberikan gambaran rinci mengenai efektivitas Dialog Jumat sebagai kebijakan publik deliberatif di Kabupaten Bojonegoro. penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dimana metode ini lebih berdasarkan atas fenomena sosial yang muncul dan penggunaan kerangka pemikiran induktif guna melakukan pengamatan dan menarik kesimpulan. Lokasi penelitian berada di Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Humas dan Protokol serta Pendopo Malowopati. Teknik penentuan informan menggunakan purposive mempertimbangkan ketepatan dan kecukupan informasi yang didapatkan dari informan dan selanjutnya menggunakan teknik snowball. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu mengumpulkan data dari brbagai sumber yang berbeda mengenai permasalahan yang dikaji untuk kemudian dibandingkan serta teknik analisis datanya dengan cara mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dialog Jumat merupakan ruang terbuka untuk masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berkomunikasi langsung dalam rangka mempengaruhi dan membuat kebijakan bersama. Dalam efektivitas Dialog Jumat sebagai model pembuatan kebijakan publik deliberatif di Kabupaten Bojonegoro ini menggunakan teori kebijakan publik deliberatif dari Carson dan Karp. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Dialog Jumat di Bojonegoro berhasil melibatkan peran masyarakat Bojonegoro ikut dalam mempengaruhi dan membuat kebijakan yang ada. Jadi dapat disipulkan bahwa Dialog Jumat adalah role model demokrasi deliberatif di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.16/18 Hab e
Uncontrolled Keywords: Dialog Jumat, Kebijakan Publik Deliberatif, Demokrasi Deliberatif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Bintan Aulia Habibah, 071411131068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPhilipus Keban, S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2018 22:36
Last Modified: 21 Feb 2018 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item