PENGARUH CREATIVE ROLE IDENTITY, JOB CREATIVITY REQUIREMENTS, DAN SUPERVISOR CREATIVE EXPECTATION TERHADAP EMPLOYEE CREATIVE PERFORMANCE DENGAN CREATIVE SELF-EFFICACY SEBAGAI MEDIASI PADA STASIUN TELEVISI SBO TV SURABAYA

MERDIKA MUTIARA HATI, 041311233077 (2018) PENGARUH CREATIVE ROLE IDENTITY, JOB CREATIVITY REQUIREMENTS, DAN SUPERVISOR CREATIVE EXPECTATION TERHADAP EMPLOYEE CREATIVE PERFORMANCE DENGAN CREATIVE SELF-EFFICACY SEBAGAI MEDIASI PADA STASIUN TELEVISI SBO TV SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 71-18 Hat p ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 71-18 Hat p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.idU

Abstract

Kreativitas merupakan kunci penting bagi perusahaan dalam bersaing di lingkungan bisnis yang tidak pasti. Kreativitas merupakan aspek utama yang di butuhkan oleh karyawan untuk mengembangkan ide-ide dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, sehingga pengembangan kreativitas pada karyawan diperlukan oleh perusahaan. Kreativitas karyawan memiliki keterkaitan terhadap identitas peran kreatif karyawan ditempat kerja, persyaratan kreativitas kerja dan harapan supervisor mengenai kreativitas karyawan. Identitas peran kreatif karyawan, persyaratan kreativitas kerja dan harapan supervisor mengenai kreativitas karyawan juga membutuhkan keyakinan dari dalam diri karyawan agar mampu untuk menghasilkan hasil yang kreatif, karena kreativitas tidak dapat muncul secara spontan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Creative Role Identity, Job Creativity Requirements, dan Supervisor Creative Expectation terhadap Employee Creative Performance dengan mediasi Creative Self-Efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terhadap karyawan dan supervisor stasiun televisi lokal SBO TV Surabaya. Populasi dalam penelitian ini merupakan karyawan divisi marketing, teknik, program, produksi & news pada stasiun televisi SBO TV Surabaya dengan total 57. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dan Uji Sobel untuk menguji efek mediasi dari Creative Self-Efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Creative Role Identity berpengaruh tidak signifikan terhadap Employee Creative Performance, namun Job Creativity Requirements, dan Supervisor Creative Expectation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Employee Creative Performance. Creative Self-Efficacy terbukti mampu memediasi secara penuh pengaruh Creative Role Identity terhadap Employee Creative Performance. Creative Self-Efficacy memediasi secara parsial Job Creativity Requirements terhadap Employee Creative Performance. Creative Self-Efficacy memediasi secara parsial Supervisor Creative Expectation terhadap Employee Creative Performance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 71-18 Hat p
Uncontrolled Keywords: Creative Role Identity, Job Creativity Requirements, Supervisor Creative Expectation, Employee Creative Performance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MERDIKA MUTIARA HATI, 041311233077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dr., Dra.Ec., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Feb 2018 00:04
Last Modified: 22 Feb 2018 00:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item