PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ATASAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KETERIKATAN KARYAWAN SEBAGAI MEDIATOR DI PT.PAL INDONESIA (PERSERO)

VEGA AVRITA PUTRI, 111214153012 (2018) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ATASAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KETERIKATAN KARYAWAN SEBAGAI MEDIATOR DI PT.PAL INDONESIA (PERSERO). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 23 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan kerja karyawan mendorong karyawan untuk berprestasi lebih baik dan memberikan kinerja yang optimal bagi perusahaan. Tingkat kepuasan kerja karyawan merupakan sebuah tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan ekspektasi dari sisi internal sebuah organisasi. PT.PAL INDONESIA (Persero) terus memperhatikan kepuasan kerja karyawan sebagai acuan dalam upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut organisasi membutuhkan karyawan yang terikat dengan organisasi dan merasa mendapat dukungan dari atasan. Dengan mendapat dukungan dari atasan dan terikat dengan organisasi dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Subyek dalam penelitian ini adalah karyawan tetap PT. PAL INDONESIA (Persero) sejumlah 339 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dengan skala likert. Variabel persepsi dukungan atasan menggunakan adaptasi skala milik Eisenberger dan Rhoades (2006). Variabel keterikatan karyawan menggunakan adaptasi skala Gallup Organization dari Harter, Schmidt, dan Hayes (2002). Variabel kepuasan kerja menggunakan adaptasi skala MSQ (The Minnesota Satisfaction Questionnaire) milik Arvey, Abraham dan Bourchard (1989). Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah path analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi dukungan atasan terhadap kepuasan kerja melalui keterikatan karyawan sebagai variabel mediator

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK Tpsi 03/18 Put p
Uncontrolled Keywords: Persepsi Dukungan Atasan, Kepuasan Kerja, Keterikatan Karyawan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
VEGA AVRITA PUTRI, 111214153012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFajrianthi, Dr.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2018 23:54
Last Modified: 22 Feb 2018 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item