PENGARUH ENDORSER CREDIBILITY, BRAND CREDIBILITY, BRAND EQUITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK PAKAIAN RA JEANS

MOCHAMMAD ZULFIKAR AGUSTIANSYAH, 041311233103 (2018) PENGARUH ENDORSER CREDIBILITY, BRAND CREDIBILITY, BRAND EQUITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK PAKAIAN RA JEANS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 72-18 Agu p ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 72-18 Agu p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini perkembangan jumlah pengguna media sosial di Indonesia setiap tahunnya selalu meningkat. Bahkan lembaga riset pasar e-Marketer memprediksikan, tahun ini ada kurang lebih 82 juta orang di Indonesia yang menggunakan media sosial setidaknya sekali dalam sebulan. Angka ini meningkat dari jumlah 72,3 juta pengguna tahun 2015 lalu. Artinya, lebih dari sepertiga masyarakat Indonesia adalah orang yang sangat gemar menggunakan media sosial. Sementara itu salah satu aplikasi media sosial online yang digemari saat ini adalah Instagram. Menurut data yang disiarkan oleh Mastel dan APJII 2016, Instagram menjadi aplikasi jejaring sosial yang paling banyak digunakan, sebesar 82 persen. Meninggalkan Facebook (66 persen) dan Path (49 persen). Meningkatnya pengguna aplikasi Instagram memunculkan tren baru yaitu endorser yang dianggap kredibel dalam meningkatkan purchase intention sebuah merek. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya artis-artis Indonesia yang mengiklankan merek-merek tertentu dalam akun Instagram artis tersebut. Ada pun faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap purchase intention antara lain brand credibility, dan brand equity. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh endorser credibility, brand credibility, dan brand equity terhadap purchase intention pada Instagram salah satu produk merek fesyen di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei kuantitatif . Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan adalah kuesioner yang disebarkan secara online kepada 211 responden yang memiliki akun Instagram. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden mempunyai akun Instagram, aktif dalam menggunakan media sosial Instagram, mengetahui artis Indonesia bernama Raffi Ahmad. Teknik pengujian data yang digunakan adalah SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand credibility dan brand equity mempengaruhi secara positif terhadap purchase intention. Sedangkan endorser credibility mampu mempengaruhi secara positif terhadap brand credibility.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 72-18 Agu p
Uncontrolled Keywords: endorser credibility, brand credibility, brand equity, purchase intention, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD ZULFIKAR AGUSTIANSYAH, 041311233103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDien Mardhiyah, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Feb 2018 00:39
Last Modified: 23 Feb 2018 00:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item