PENGARUH MOBILISASI DINI TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN PERAWATAN DIRI PADA IBU POST SC DENGAN PENDEKATAN TEORI SELFCARE

FITRI WAHYUNI, 131511123076 (2017) PENGARUH MOBILISASI DINI TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN PERAWATAN DIRI PADA IBU POST SC DENGAN PENDEKATAN TEORI SELFCARE. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N 52 -18 Wah p-Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N 52 -18 Wah p.pdf
Restricted to Registered users only until 24 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Angka persalinan Sectio Caesarea (SC) di Indonesia cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara lain di Asia. Untuk mempercepat proses pemulihan pasien post operasi diperlukan tindakan yang dapat melatih dan mengembalikan fungsi sitem organ di dalam tubuh. Mobilisasi dini merupakan salah satu upaya untuk membantu mempercepat pengembalian fungsi tubuh. Mobilisasi dini sangat diperlukan oleh ibu post SC untuk mempercepat proses penyembuhannya agar ibu dapat segera melakukan aktivitas secara mandiri. Kemandirian ibu pada masa post partum sangat diharapkan terutama dalam perawatan diri maupun bayinya. Namun mobilisasi dini post SC belum banyak diterapkan. Di RSUD dan RS Bhayangkara Moestadjab Nganjuk belum terdapat Standar Prosedur Operasional (SPO) mobilisasi dini pada ibu post SC sehingga kemampuan pasien dalam melaksanakan mobilisasi dini dan kemandirian pasien masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh mobilisasi dini terhadap tingkat kemandirian perawatan pada ibu post SC. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Post Test Only with Control Group Design. Instrumen penelitian menggunakan cheklist dan lembar observasi yang disusun berdasarkan Nursing Outcomes Classification (NOC). Populasi penelitian ini adalah 36 orang di RS Bhayangkara Moestadjab Nganjuk sebagai kelompok perlakuan dan 38 orang di RSUD Nganjuk sebagai kelompok kontrol. Besar sampel dalam penelitian ini masing-masing 30 orang untuk kelompok perlakuan maupun kelompok kontrol. Analisa data menggunakan Mann-Withney Test. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kemandirian perawatan diri pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan nilai p-0.004 (∝<0,05). Diskusi: Mobilisasi dini post SC efektif dalam meningkatkan kemandirian perawatan diri ibu post SC. Sehingga petugas kesehatan dapat mensosialisasikan dan memberikan tindakan mobilisasi diri pada ibu post SC untuk mempercepat pemulihan kondisi fisik dan meningkatkan kemandirian ibu post SC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 52/ 18 Wah p
Uncontrolled Keywords: Early mobilization, SelfCareIndepence, Post Sectio Caesarea
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
FITRI WAHYUNI, 131511123076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetnayu Pradanie, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorAria Aulia Nastiti, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 23 Feb 2018 19:40
Last Modified: 23 Feb 2018 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item