PENGARUH DIGITAL ENGAGEMENT TERHADAP INTRUSIVENESS DAN ATTITUDE TOWARD AD PADA ADVERTISING AVOIDANCE

FIERZA YAMUIZ, 041311233073 (2018) PENGARUH DIGITAL ENGAGEMENT TERHADAP INTRUSIVENESS DAN ATTITUDE TOWARD AD PADA ADVERTISING AVOIDANCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 81-18 Yam p ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 81-18 Yam p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin meningkatnya pengguna internet, pemasar mulai beralih untuk beriklan melalui media online. Namun, internet merupakan media di mana penggunanya berorientasi pada tujuan, sehingga keberadaan iklan dihindari karena dianggap mengganggu. Penelitian ini mempertimbangkan penelitian sebelumnya oleh Calder et al (2009) yang mengatakan bahwa digital engagement membuat beriklan di internet lebih efektif. Yakob (2015) dalam bukunya yang berjudul Paid Attention, mengatakan bahwa salah satu cara untuk membuat pengguna engaged adalah dengan menyediakan konten gratis. Oleh sebab itu, peneliti mengangkat situs Layarkaca21 sebagai contoh situs yang mempresentasikan media yang menawarkan film-film gratis serta menampilkan iklan dengan ciri-ciri iklan yang selalu dihindari di internet. Responden pada penelitian ini adalah orang-orang yang pernah menonton di situs Layarkaca21 dalam enam bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling), dan dianalisis menggunakan software SmartPLS 3. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuisioner online dengan menggunakan saluran aplikasi obrolan Line dan WhatsApp, serta penyebaran melalui saluran iklan di sosial media Facebook Ad dan Instagram Ad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital engagement tidak berpengaruh terhadap persepsi pengguna akan iklan yang mengganggu dan perilaku pengguna internet untuk menghindari iklan, akan tetapi berpengaruh pada sikap pengguna terhadap iklan. Iklan yang mengganggu mempengaruhi sikap pengguna terhadap iklan dan hal ini mengarahkan pengguna untuk menghindari iklan di situs Layarkaca21.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 81-18 Yam p
Uncontrolled Keywords: Digital engagement, Intrusiveness, Attitude Toward Ad, Advertising Avoidance, Streaming, Layarkaca21
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FIERZA YAMUIZ, 041311233073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Feb 2018 17:20
Last Modified: 25 Feb 2018 17:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item