“PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIS, KEPUASAN HIDUP, PERILAKU PROSOSIAL DAN PROBLEM PSIKOLOGIS TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA MURID SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAWASAN DI SURABAYA”

ANNISA AXELTA, 111411133020 (2018) “PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIS, KEPUASAN HIDUP, PERILAKU PROSOSIAL DAN PROBLEM PSIKOLOGIS TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA MURID SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAWASAN DI SURABAYA”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan yang meliputi konsep diri akademis, kepuasan hidup, perilaku prososial, dan problem psikologis terhadap kemampuan matematika murid Sekolah Menengah Pertama kawasan di Surabaya. Kemampuan matematika didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk memperoleh, memproses, dan mempertahankan informasi matematika yang bersifat numerik (Vilkomir & O’Donoghue, 2009). Untuk mencapai keberhasilan dalam kemampuan matematika, faktor non-kognitif, faktor protektif, serta faktor resiko juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif murid (Heckman, 2006). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data menggunakan skala Middle Years Development Instrument untuk melihat faktor kesejahteraan yang mampu mempengaruhi kemampuan matematika, yaitu konsep diri akademis dan kepuasan hidup (Schonert-Reichl, dkk., 2012). Skala Strength and Difficulites Questionnaire juga digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur prososial dan problem psikologis pada anak (Goodman, 1997). Penelitian ini melibatkan 915 murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri kawasan 1, 6 dan 3 Surabaya. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik korelasi pearson dan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Dari hasil analisis data diatas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konsep diri akademis matematika dan kepuasan hidup terhadap kemampuan matematika. Perilaku prososial, permasalahan gejala emosional dan permasalahan relasi teman sebaya juga memiliki pengaruh terhadap kemampuan matematika. Namun, berdasarkan penelitian ini, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan antara hiperaktifitas dan inatensi serta permasalahan perilaku pada kemampuan matematika murid. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep diri akademis matematika, kepuasan hidup, perilaku prososial dan problem psikologis serta faktor demografis memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kemampuan matematika sebesar 15% (p<0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 53/18 Axe p
Uncontrolled Keywords: kemampuan matematika, faktor non-kognitif, problem psikologis, anak usia sekolah, kesejahteraan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ANNISA AXELTA, 111411133020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMargaretha, S.Psi.,P.G.Dip Psych.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:05
Last Modified: 26 Feb 2018 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70103
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item