STUDI DISTRIBUSI MAKROFAUNA BENTOS DI DAERAH MANGROVE DENGAN DAN TANPA AKTIVITAS ANTROPOGENIK DI WONOREJO, SURABAYA, JAWA TIMUR

Bagus Karim Sujatmiko, 081424153009 (2018) STUDI DISTRIBUSI MAKROFAUNA BENTOS DI DAERAH MANGROVE DENGAN DAN TANPA AKTIVITAS ANTROPOGENIK DI WONOREJO, SURABAYA, JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TB 02-18 Suj s.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dampak negatif dari ekowisata di daerah mangrove adalah menurunnya aspek lingkungan. Makrofauna bentos merespon secara relatif cepat terhadap stres alami dan antropogenik. Salah satunya adalah dengan distribusinya. Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui pola distribusi dan pemilihan mikrohabitat makrofauna bentos yang berada di area ekowisata mangrove Wonorejo dan area mangrove Wonorejo di luar ekowisata. Makrofauna bentos pada substrat mangrove disampling dengan kuadrat 25 cm x 25 cm yang diletakkan setiap 2 meter, hingga 10 titik peletakan. Makrofauna bentos dianalisis pola distribusinya dengan dihitung rerata dan variasinya. 25 pohon di setiap stasiun dicatat keberadaan makrofauna bentos pada organnya, yaitu akar, batang, dan daun. Dari 25 pohon ditentukan maksimal 3 pohon untuk diambil sampel makrofauna bentos arborealnya. Makrofauna bentos dianalisis pemilihan organ mangrovenya dengan Canoco. Terdapat 2 spesies dengan pola distribusi uniform pada Stasiun 1 dan 1 spesies pada Stasiun 3. Pada stasiun 2 terdapat 4 Spesies dengan pola distribusi clumped , 2 spesies pada Stasiun 3, dan 1 spesies pada Stasiun 1. 72% pohon mangrove didapati makrofauna bentos pada akarnya, 43% pada batangnya dan 4% saja yang didapati makrofauna bentos pada daunnya. Pada area mangrove Wonorejo dengan kegiatan antropogenik tinggi lebih banyak ditemukan makrofauna bentos dengan pola distribusi uniform. Pada area mangrove Wonorejo dengan kegiatan antropogenik tinggi, organ tumbuhan mangrove yang paling banyak ditemukan makrofauna bentosnya adalah akar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB.02/18 Suj s
Uncontrolled Keywords: Mangrove, makrofauna bentos, pola distribusi, clumped, uniform.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany > QK710-899 Plant physiology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi (S2)
Creators:
CreatorsEmail
Bagus Karim Sujatmiko, 081424153009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Irawan, Prof.Dr.,M.ScUNSPECIFIED
ContributorSucipto Hariyanto, Dr., DEA.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 26 Feb 2018 18:11
Last Modified: 26 Feb 2018 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item