PENGARUH PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL, STATUS GIZI, DAN POLA MAKAN ANAK USIA 4-5 TAHUNDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARAN KABUPATEN PAMEKASAN

MEI LESTARI IKA WIDYYATI, 101514153024 (2018) PENGARUH PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL, STATUS GIZI, DAN POLA MAKAN ANAK USIA 4-5 TAHUNDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARAN KABUPATEN PAMEKASAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Gizi merupakan kebutuhan utama bagi balita, apabila tidak memperoleh makanan sesuai kebutuhan gizinya maka akan mengganggu tumbuh kembang saat ini maupun masa selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh program PMT-P terhadap kecerdasan intelektual, status gizi, dan pola makan anak usia 4-5 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Bandaran Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan rancangan Kohort Retrospektif, jumlah sampel sebanyak 70 responden terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang mendapatkan PMT-P dan kelompok tidak mendapatkan PMT-P, di desa yang berada di wilayah kerja Puskesmas Bandaran secara Simple Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah program PMT-P, sedangkan variabel tergantungnya adalah kecerdasan intelektual, berat badan/tinggi badan dan pola makan. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji Independent Sample t-test. Didapatkan hasil ada perbedaan tingkat kecerdasan pada kelompok anak yang mendapatkan PMT-P dan tidak mendapatkan PMT-P. Status Gizi pada kelompok anak yang mendapatkan PMT-P dan tidak mendapatkan PMT-P dalam kategori normal. Pola makan anak menunjukkan sebagian besar susunan makanan yang dikonsumsi kelompok yang mendapatkan PMT-P dan tidak mendapatkan PMT-P dalam kategori baik dan hampir sama, pada kelompok tidak mendapatkan PMT-P jenis makanan lebih bervariasi, frekuensinya lebih sering dan rata-rata responden mengkonsumsi vitamin serta adanya riwayat pemberian asi eksklusif pada usia 0-6 bulan. Kesimpulan :Ada perbedaan tingkat kecerdasan. Ada perbedaan status gizi menurut TB/U, BB/U, dan tidak ada perbedaan status gizi menurut TB/BB. Ada perbedaan kecukupan gizi pada anak pada kelompok yang mendapatkan PMT-P dan tidak mendapatkan PMT-P.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 08/18 Wid p
Uncontrolled Keywords: Program pemberian makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P), Kecerdasan Intelektual, Status Gizi, Pola Makan, Balita
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MEI LESTARI IKA WIDYYATI, 101514153024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrwanto, Dr.,dr.,Sp.A(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2018 21:10
Last Modified: 26 Feb 2018 21:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item