FUNGSI TAS KANTONG BELANJA BERMEREK BAGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Mahasiswa dalam memakai Tas Kantong Belanja Bermerek di Fisip Unair)

Al Hayyu Yasminka, 071311733024 (2017) FUNGSI TAS KANTONG BELANJA BERMEREK BAGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Mahasiswa dalam memakai Tas Kantong Belanja Bermerek di Fisip Unair). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FIS.ANT.22 18 Yas f.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FIS.ANT.22 18 Yas f.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_FIS.ANT.22 18 Yas f.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbelanja merupakan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya mahasiswa. Oleh karena itu aktivitas yang dijadikan sebagai suatu hal yang menyenangkan ini membutuhkan alat pembantu dalam membawa belanjaannya. Salah satunya seperti tas kantong belanja. Fungsi tas kantong belanja bermerek sendiri adalah sebagai wadah belanja. Namun saat ini semakin berkembangnya tekhnologi tas kantong belanja memiliki banyak fungsi seperti . Beragamnya tas kantong belanja dari jenis dan mereknya. Design ini terlihat dari merek yang mulai bermunculan di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa fungsi tas kantong belanja bermerek bagi mahasiswa Fisip Universitas Airlangga. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perilaku mahasiswa dalam menggunakan tas kantong belanja bermerek di kampus Fisip Unair. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bedasarkan fenomena yang ada di lingkungan sekitar dengan tipe deskriptif. Metode penelitian memilih informan dengan menggunakan dua cara yaitu purposif dan aksidental. Metode tersebut ditambah dengan adanya pengumpulan data antara lain, observasi yang berperan sebagai peran pelengkap penelitian, wawancara mendalam dengan kelima informan, dan di lengkapi dengan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah fungsi tas kantong belanja bermerek dilihat dari penggunaannya sehari-hari. Perilaku mahasiswa dalam menggunakan tas kantong belanja beragam mulai dari memenuhi gaya hidup sehari-hari seperti eksistensi. Tas kantong belanja berlogo yaitu yang pertama fungsi psiko-biologi sebagai tas buku dan tas laptop saat di kampus. Fungsi dari tas kantong belanja bermerek dilihat dari perilaku menunjukan identitasnya dalam sehari-hari di lingkungan kampus. Fungsi yang kedua adalah fungsi intrumental yang digunakan sebagai media promosi yaitu promosi merek dan promosi produk yang dijualnya. Selain itu ada media pencitraan yaitu pamer status sosial lewat media sosial. Fungsi yang ketiga yaitu fungsi integratif yang ada pada tas kantong belanja bermerek dijadikan sebagai koleksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.22/18 Yas f
Uncontrolled Keywords: Belanja, Perilaku mahasiswa, Fisip, Tas kantong belanja Bermerk, Fungsionalisme
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Al Hayyu Yasminka, 071311733024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYusuf Ernawan, Drs., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Feb 2018 19:56
Last Modified: 26 Feb 2018 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item