PENGARUH KELAS IBU HAMIL TERHADAP PERILAKU IBU MENGENAL TANDA BAHAYA KEHAMILAN, PERSALINAN, DAN NIFAS DI KOTA SURAKARTA

NADIA NUR GANISCHA, 101414153032 (2018) PENGARUH KELAS IBU HAMIL TERHADAP PERILAKU IBU MENGENAL TANDA BAHAYA KEHAMILAN, PERSALINAN, DAN NIFAS DI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Mengenal tanda bahaya sangat penting dilakukan. Sebab jika terlambat mengenal tanda bahaya maka akan terlambat mencapai fasilitas kesehatan dan terlambat mendapat pelayanan. Tiga terlambat inilah yang menjadi penyebab tak langsung kematian ibu. Upaya untuk mencegah hal tersebut dilakukan pemantauan kesehatan ibu hamil dalam bentuk pencegahan dan deteksi dini. Upaya tersebut salah satunya adalah menyelenggarakan Kelas Ibu Hamil. Kelas ibu hamil diharapkan dapat membuat ibu hamil memiliki kemampuan mengenal tanda bahaya selama kehamilan, persalinan dan nifas sehingga dapat menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kelas ibu hamil terhadap perilaku ibu (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) dalam mengenal tanda bahaya kehamilan, persalinan dan nifas. Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan rancangan retrospective cohort study. Pengambilan sampel menggunakan cluster propotional random sampling dengan jumlah 41 ibu yang mengikuti kelas ibu hamil dan 41 ibu yang tidak mengikuti kelas ibu hamil di Surakarta pada tahun 2016. Analisis data menggunakan regresi logistik multinomial dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas ibu hamil berpengaruh terhadap pengetahuan dengan nilai p 0,027. Kelas ibu hamil tidak berpengaruh terhadap sikap dengan nilai p 0,957. Kelas ibu hamil berpengaruh terhadap keterampilan dengan nilai p 0,002. Kesimpulannya ada pengaruh kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan keterampilan mengenal tanda bahaya kehamilan, persalinan, dan nifas. Tidak ada pengaruh kelas ibu hamil terhadap sikap mengenal tanda bahaya kehamilan, persalinan, dan nifas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 09/18 Gan p
Uncontrolled Keywords: kelas ibu hamil, perilaku, tanda bahaya kehamilan persalinan dan nifas
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NADIA NUR GANISCHA, 101414153032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2018 21:22
Last Modified: 26 Feb 2018 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70142
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item