PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI PADA PT "X" DI SIDOARJO

Nur Diniah, 049816117 (2005) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI PADA PT "X" DI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-diniahnur-899-a77_06-k.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-diniahnur-899-a77_06-r.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Era globalisasi saat ini mempunyai dampak yang sangat besar pada dunia usaha. Kompetisi yang sangat kuat antar perusahaan-perusahaan terjadi karena adanya arus informasi dan komunikasi. Menghadapi persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut untuk terus berupaya dalam merumuskan dan menyempurnakan strategi bisnis mereka dalam rangka memenangkan persaingan. Strategi tersebut melibatkan seluruh organisasi baik dari manajemen puncak sampai dengan kegiatan operasionalnya secara langsung. Pengukuran kinerja atas strategi-strategi perusahaan juga harus diukur secara menyeluruh. Balanced-Scorecard sebagai alat penilaian kinerja memberikan informasi tentang penilaian kinerja secara menyeluruh dan berimbang. Balanced-Scorecard tidak hanya mengukur kinerja keuangan tetapi juga kinerja non keuangan yang menjadi pemicu terjadinya kinerja keuangan tersebut. Balanced-Scorecard juga berfungsi sebagai sistem manajemen strategik yang memungkinkan perusahaan untuk menerjemahkan visi dan strategi kedalam tujuan-tujuan jangka panjang yang akhirnya kembali diterjemahkan menjadi seperangkat tujuan jangka pendek yang lebih bersifat operasional tanpa meninggalkan tujuan jangka panjangnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sebagai rancangan penelitiannya. Data-data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dengan cara wawancara terhadap sumber yang berhubungan dengan obyek yang diteliti berupa keadaan dan gambaran umum dari perusahaan dan data sekunder yaitu data jadi yang diperoleh dari perusahaan berupa laporan keuangan serta informasi-informasi non keuangan yang mendukung. PT "X" sudah menetapkan visi dan rnisi perusahaan secara jelas dan dinyatakan secara eksplisit. Sedangkan strategi yang dijalankan oleh perusahaan adalah strategi diferensiasi tetapi strategi ini belum dapat dipahami dan dijalankan dengan baik oleh pihak karyawan sehingga perusahaan belum dapat menjabarkan strategi tersebut kedalam sasaran-sasaran strategic dengan jelas. Walaupun selama ini kinerja keuangan PT "X" baik hal ini tidak otomatis kinerja non keuangannya juga baik. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui penerapan Balanced-Scorecard. Dengan Balanced-Scorecard perusahaan dapat menterjemahkan visi, misi dan strateginya secara lebih eksplisit dan mengkomunikasikannya kepada setiap anggota organisasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 77/06 Din p
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nur Diniah, 049816117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorElia Mustikasari, Dra., M.Si., AKUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 11 Apr 2006 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item