PENEGAKAN HUKUM LINGKUNGAN TERHADAP ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN (STUDI KASUS PERTAMBANGAN PASIR BESI KABUPATEN LUMAJANG)

FACHRIANTO HANIEF, 031514153042 (2018) PENEGAKAN HUKUM LINGKUNGAN TERHADAP ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN (STUDI KASUS PERTAMBANGAN PASIR BESI KABUPATEN LUMAJANG). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TH. 15-18 Han p Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TH. 15-18 Han p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan hidup Indonesia sebagai suatu ekosistem terdiri dari berbagai sub-sistem, yang mempunyai aspek sosial, budaya, ekonomi, dan geografi dengan corak ragam berbeda yang merupakan kesatuan yang utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan stabilitas dan produktivitas lingkungan hidup. Oleh karena itu, pengelolaan lingkungan hidup harus dilakukan untuk pembangunan berkelanjutan dan bukan semata-mata untuk pertumbuhan pembangunan. Untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, pembangunan itu haruslah berwawasan lingkungan. Dengan kata lain pembangunan berwawasan lingkungan adalah syarat yang harus dipenuhi agar pembangunan dapat berkelanjutan. Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) merupakan salah satu alat dalam upaya dapat dilakukannya pembangunan berwawasan lingkungan. Penelitian ini mengkaji 2 (dua) permasalahan. Pertama, kedudukan analisis mengenai dampak lingkungan dalam hukum lingkungan hidup di Indonesia. Kedua, penegakan hukum terhadap analisis mengenai dampak lingkungan. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa AMDAL merupakan salah satu syarat perizinan dari aspek lingkungan terhadap usaha/kegiatan yang diperkirakan mempunyai dampak penting. Sedangkan penegakan hukum lingkungan dapat dilakukan secara preventif dan secara represif dengan instrumen hukum yang dapat digunakan adalah instrumen hukum administratif, perdata, dan pidana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH. 15-18 Han p
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Hidup, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), dan Penegakan Hukum.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Pemerintahan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FACHRIANTO HANIEF, 031514153042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuparto Wijoyo, Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Feb 2018 19:57
Last Modified: 27 Feb 2018 19:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70180
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item