DETERMINAN PERENCANAAN PERSALINAN AMAN DI KABUPATEN GRESIK

FENTY DWI NOVIANI, 1014141153067 (2018) DETERMINAN PERENCANAAN PERSALINAN AMAN DI KABUPATEN GRESIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Derajat kesehatan suatu negara, salah satunya ditentukan oleh angka kematian ibu (AKI). Perencanaan persalinan aman penting dilakukan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya komplikasi pada saat bersalin atau nifas yang akhirnya dapat berujung kematian. . Dengan demikian, ibu dan bayi bisa selamat dan sehat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis determinan perencanaan persalinan aman di kabupaten Gesik. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester III yang berjumlah 110 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan SEM dengan pendekatan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 10,9% ibu hamil trimester III yang telah melakukan perencanaan persalinan aman. Hasil analisis data dengan PLS menunjukkan terdapat pengaruh status keluarga terhadap akses pelayanan kesehatan dimana semakin baik status keluarga dapat meningkatkan akses pelayanan kesehatan ibu sebesar 50,9%. Terdapat pengaruh status kesehatan terhadap perencanaan persalinan aman dimana semakin baik status kesehatan ibu dapat meningkatkan perencanaan persalinan aman sebesar 26%. Terdapat pengaruh akses pelayanan kesehatan terhadap perencanaan persalinan aman dimana semakin baik akses pelayanan kesehatan yang diperoleh ibu dapat meningkatkan perencanaan persalinan aman yang dibuat ibu sebesar 16,3%. Terdapat pengaruh tidak langsung status keluarga terhadap perencanaan persalinan aman dengan mediasi variabel akses pelayanan kesehatan. Kesimpulan perencanaan persalinan aman oleh ibu masih rendah serta status keluarga (dukungan suami dan keluarga) mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap perencanaan persalinan aman melalui akses pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, peran tenaga kesehatan, dukungan suami, dan dukungan keluarga, serta peran serta lintas sektor dan tokoh masyarakat sangat diperlukan untuk dapat membuat perencanaan persalinan aman bagi ibu..

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 21/18 Nov d
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Persalinan Aman
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FENTY DWI NOVIANI, 1014141153067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorOedojo Soedirham, dr., M.PH, M.A.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2018 20:34
Last Modified: 27 Feb 2018 20:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item