HUBUNGAN ANTARA TOTAL KALORI DAN STATUS GIZI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Kasus pada Pekerja Wanita Penyadap Getah Karet di Perkebunan Kalijompo Jember)

Nabila Permata Siwi, 101311133176 (2018) HUBUNGAN ANTARA TOTAL KALORI DAN STATUS GIZI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Kasus pada Pekerja Wanita Penyadap Getah Karet di Perkebunan Kalijompo Jember). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK FKM 67 18.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fkm 67 18.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkebunan Kalijompo Jember merupakan salah satu perkebunan karet yang dalam pada kegiatan penyadapan getah karet tidak hanya dilakukan oleh pekerja laki-laki tetapi juga wanita. Tak jarang pekerja melewatkan makan paginya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara total kalori dan status gizi dengan produktivitas kerja pada pekerja wanita penyadap getah karet di Perkebunan Kalijompo Jember. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dan memiliki rancang bangun cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja wanita penyadap getah karet sejumlah 48 orang dan sampel penelitian ini terdiri dari 33 pekerja wanita penyadap getah karet yang dipilih secara simple random sampling. Variabel yang diteliti di antaranya total kalori, status gizi, dan produktivitas kerja. Pengumpulan data meliputi kuesioner, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan food recall 2x24 jam. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden memiliki total kalori dengan kondisi baik, responden berada pada kondisi status gizi normal, dan responden memiliki produktivitas kerja yang rendah. Tidak terdapat hubungan antara total kalori dengan produktivitas kerja. Terdapat hubungan antara status gizi dengan produktivitas kerja, serta menunjukkan adanya hubungan antar keduanya dengan kekuatan hubungan yang cukup kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produktivitas kerja pekerja wanita penyadap getah karet di Perkebunan Kalijompo masih di bawah target yang ditentukan oleh perkebunan. Pekerja mengeluhkan lokasi penyadapan yang sulit untuk dijangkau. Pekerja dengan kondisi status gizi yang kurus, gemuk, dan sangat gemuk cenderung memiliki produktivitas kerja yang rendah. Oleh sebab itu pihak perkebunan untuk melakukan evaluasi terkait target pohon agar sesuai dengan situasi dan kondisi lokasi penyadapan. Selain itu setiap satu bulan sekali melakukan pengukuran berta badan dan tinggi badan secara rutin, sehingga status gizi pekerja dapat terpantau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 67 18 Siw h
Uncontrolled Keywords: status gizi, produktivitas kerja, total kalori
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nabila Permata Siwi, 101311133176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIndriati Paskarini, , S.H., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 04 Mar 2018 20:00
Last Modified: 04 Mar 2018 20:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item