PILIHAN RASIONAL PADA LAYANAN KESEHATAN E-HEALTH (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI TINDAKAN RASIONAL PADA PASIEN YANG MEMANFAATKAN LAYANAN KESEHATAN E-HEALTH DI RSUD DR M. SOEWANDHIE SURABAYA)

RIZGHINA IKHWAN, 071411433002 (2017) PILIHAN RASIONAL PADA LAYANAN KESEHATAN E-HEALTH (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI TINDAKAN RASIONAL PADA PASIEN YANG MEMANFAATKAN LAYANAN KESEHATAN E-HEALTH DI RSUD DR M. SOEWANDHIE SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.04 18 Ikh p.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.04 18 Ikh p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.04 18 Ikh p.pdf

Download (298kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

E-Health merupakan inovasi layanan kesehatan berbasis teknologi pada proses pendaftaran online di puskesmas dan RSUD di Kota Surabaya yang menyesuaikan dengan karakteristik masyarakat modern di perkotaan. Tatanan masyarakat modern memiliki orientasi yang terikat dengan rasionalitas yang menjadikan teknologi, informasi serta ilmu pengetahuan terintegrasi dan berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan massal. Studi ini berfokus pada motif tindakan rasional serta bentuk pemanfaatan pasien di RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya yang menggunakan layanan Kesehatan E-Health. Teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu Teori Rational Choice dari James Coleman dan Konsep Masyarakat Informasi milik Manuel Castells. Metode yang dipakai yaitu kualitatif untuk mendefinisikan pandangan mendasar mengenai isu penelitian. Penentuan informan menggunakan metode purposive dengan menentukan kriteria bagi pasien yang sedang menunggu antrian di ruang pendaftaran RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif pasien memanfaatkan layanan kesehatan E-Health atas dasar pertimbangan kecepatan, efektifitas, efisiensi dan kepemilikan alat pendukung untuk mengakses E-Health serta bentuk pemanfaatannya berupa kemudahan dalam melakukan rawat jalan yang dikategorikan pada 2 jenis yaitu ketika berobat dan kontrol. Sehingga 4 pencapaian dari layanan kesehatan ini yaitu efektif, tertib, nyaman dan kepastian sistem. Oleh karena itu, dengan masuknya teknologi pada pemenuhan kebutuhan massal ini masyarakat telah bergeser menjadi masyarakat yang serba berkebutuhan cepat dan percepatan itu yang membawa kemajuan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.04/18 Ikh p
Uncontrolled Keywords: E-Health, Layanan Kesehatan, Pendaftaran online, Rasionalitas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIZGHINA IKHWAN, 071411433002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKarnaji, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 02:18
Last Modified: 28 Feb 2018 02:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item