PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PROMOSI KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN JAJAN SEMBARANGAN DI SDN BANJARWATI LAMONGAN TAHUN 2017

NASHRUR RAZZAQ A., 100911152 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PROMOSI KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN JAJAN SEMBARANGAN DI SDN BANJARWATI LAMONGAN TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Perilaku jajan sembarangan masih sering dilakukan oleh anak-anak. Kurangnya informasi tentang jajanan yang sehat menjadi salah satu penyebab hal tersebut. Untuk itu perlu adanya promosi kesehatan dengan tujuan menambah pengetahuan anak-anak. Media yang digunakan sangat menentukan keberhasilan penyampaian informasi pada siswa SDN Banjarwati Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media animasi untuk promosi kesehatan. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 50 siswa. Wawancara yang digunakan bertujuan untuk menggali karakteristik sasaran. Selain itu juga dilakukan expert review untuk mendapatkan saran atas prototype dan media animasi yang sudah dikembangkan. Siswa SDN Banjarwati membutuhkan tambahan informasi mengenai kandungan bahan pewarna dan pebersihan penyajian jajanan sehat. Animasi yang dibuat disesuaikan dengan karakteristik siswa yang menyukai animasi dengan genre petualangan dan menggunakan bahasa Indonesia. Media film berdurasi 3 menit dengan pesan teliti sebelum dikonsumsi, menggunakan pendekatan rasional dengan tujuan kelompok sasaran yang menonton animasi akan mendapatkan pengetahuan baru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 128/18 Raz p
Uncontrolled Keywords: promosi kesehatan, jajan, anak, animasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NASHRUR RAZZAQ A., 100911152UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPulung Siswantara, , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2018 02:20
Last Modified: 28 Feb 2018 02:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70229
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item