PERAN ASOSIASI BATIK SIDOARJO (ABSI) DALAM UPAYA PELESTARIAN BATIK TULIS (Studi Deskriptif Terhadap Asosiasi Batik Sidoarjo Di Desa Jetis)

Febriananda Ramadhanet Darmawan Saputri, 071411433008 (2017) PERAN ASOSIASI BATIK SIDOARJO (ABSI) DALAM UPAYA PELESTARIAN BATIK TULIS (Studi Deskriptif Terhadap Asosiasi Batik Sidoarjo Di Desa Jetis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.05 18 Sap p.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.05 18 Sap p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.05 18 Sap p.pdf

Download (121kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Batik merupakan salah satu kebudayaan yang berwujud seni kerajinan lukis. Keberadaan batik dengan keindahan motif, desain, maupun coraknya telah menjadikan seni batik sebagai salah satu warisan budaya yang dilestarikan melalui pengakuan UNESCO yang menyebutkan bahwa batik adalah Warisan Kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi (Masterpieces of the Oraland Intangible Cultural Heritage of Humanity). Desa Jetis Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah yang memiliki peran cukup penting dalam sejarah perkembangan batik tulis di Sidoarjo. Batik tulis berkembang pesat hingga saat ini dan menarik peran-peran kelompok masyarakat untuk turut serta dalam pelestarian batik Solo agar terjaga keberadaannya di balik persaingan usaha batik yang ketat. Posisi Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI) memiliki andil besar dalam perkembangan dan pelestarian batik tulis. Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI) di Desa Jetis menjadi bagian dari pelestarian batik tulis dengan berbagai aktivitas dan peran didalamnya. Terdapat pula berbagai faktor pendukung dan faktor penghambat dalam perkembangan peran Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI) untuk pelestarian batik. Tujuan penelitian : (1) Mengetahui peran Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI) dalam pelestarian batik tulis; (2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI) dalam upaya pelestarian batik tulis. Kajian penelitian dianalisis dengan menggunakan teori Fungsionalisme Struktural oleh Talcott Parsons yaitu teori AGIL (adaptation, goal attainment, integration, latency). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Jetis Kabupaten Sidoarjo. Informan utama adalah pengurus Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI), informan pendukung adalah pengrajin batik dan karyawan batik, penduduk Desa Jetis setempat terkait dalam pelestarian batik tulis. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian adalah (1) Peran Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI) dalam pelestarian batik diekspresikan dengan membuat mengembangkan kreasi motif batik tulis, menyelengarakan promosi batik tulis dalam berbagai jenis media, dan bekerjasama dengan pemerintah; (2) Faktor pendukung Asosiasi Batik Sidoarjo (ABSI) dalam pelestarian batiktulis adalah letak geografis dan dukungan pemerintah, sedangkan faktor penghambatnya adalah usia pengrajin yang sudah tua, generasi muda lebih memilih kerja di kota, persaingan usaha yang tidak sehat dan daya beli masyarakat yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.05/18 Sap p
Uncontrolled Keywords: pelestarian batik, batik tulis, asosiasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Febriananda Ramadhanet Darmawan Saputri, 071411433008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDoddy Sumbodo Singgih, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 02:28
Last Modified: 28 Feb 2018 02:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item