HOAX DAN PERGESERAN PREFERENSI SOSIAL POLITIK MAHASISWA (Studi Deskriptif Mengenai Peran Ruang Publik dalam Masyarakat Urban)

ROSYIDA IRIANTI, 071411431055 (2017) HOAX DAN PERGESERAN PREFERENSI SOSIAL POLITIK MAHASISWA (Studi Deskriptif Mengenai Peran Ruang Publik dalam Masyarakat Urban). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.10 18 Iri h.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.10 18 Iri h.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.10 18 Iri h.pdf

Download (266kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran media sosial membawa banyak pengaruh dalam kehidupan kita saat ini. Salah satu produk media sosial adalah penyebaran berita hoax. Saat ini, penyebaran informasi hoax sudah semakin parah dan tidak terkendali. Meskipun Pemerintah telah mengeluarkan berbagai Undang-undang, peraturan, serta ancaman bagi para pelaku pembuat informasi hoax, hal itu tidak terlalu memberikan rasa takut bagi pelaku. Bahkan, kadang berita hoax sengaja dibuat hanya untuk menjatuhkan citra seseorang. Studi ini memfokuskan pada pengaruh hoax dalam pergeseran preferensi sosial politik mahasiswa serta bagaimana mahasiswa meresirkulasi berita hoax. Paradigma yang digunakan untuk menjawab permasalahan ini adalah paradigma deskriptif dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Ruang Publik dari Habermas dan Literasi Media dari Jenkins. Informan dalam studi ini adalah dua orang konsumen berita hoax dan empat orang penyebar berita hoax. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil yang ditemukan antara lain: (1) Adanya berita hoax cukup mempengaruhi pandangan mahasiswa mengenai objek yang diberitakan, terutama jika objek adalah tokoh idolanya; dan (2) Pada saat menyebarkan berita hoax, mahasiswa tidak melakukan editing dan latar belakang mereka menyebarkan berita hoax adalah iseng, sharing, dan menganggap bahwa orang lain mungkin membutuhkan berita tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.10/18 Iri h
Uncontrolled Keywords: hoax, pergeseran preferensi, resirkulasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ROSYIDA IRIANTI, 071411431055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong Sunato, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 19:02
Last Modified: 28 Feb 2018 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70242
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item