MAHASISWA DAN INSTAGRAM (STUDY TENTANG INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBENTUK CITRA DIRI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA)

DINDA MARTA ALMAS ZAKIRAH, 071411433010 (2017) MAHASISWA DAN INSTAGRAM (STUDY TENTANG INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBENTUK CITRA DIRI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.14 18 Zak m.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.14 18 Zak m.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.14 18 Zak m.pdf

Download (515kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi kini tidak hanya menyediakan kemudahan bagi pengguna, teknologi kini melahirkan beberapa media sosial yang dapat membuat penggunanya mampu untuk berkomunikasi jarak jauh. Bukan hanya itu, media sosial juga dapat membagikan foto dan video apapun seperti media sosial yang saat ini sedang banyak di gandrungi oleh pengguna media sosial, yaitu instagram. Namun kini instagram bukan lagi untuk media membagikan foto atau video lagi, melainkan wadah untuk membentuk citra diri. Banyak di kalangan anak muda yang memmbentuk citra diri di instagram, yang salah satunya mahasiswa dan mahasiswi Universitas Airlangga. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang bagaimana mahasiswa dan mahasiswi Universitas Airlangga membentuk citra diri di media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara secara mendalam dan observasi lapangan. Teori yang digubakan dalam penelitian ini adalah teori hiperrealitas Jean Baudrillard dan Net Generation Theory dari Don Tapscott. Kemudian teknik pengambilan data menggunakan metode purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Airlangga yang termasuk dalam akun @satuunair dan @unairhitspeople. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa UNAIR memang membentuk citra diri di media sosial instagram. Cara mahasiswa untuk membentuk citra diri mereka dengan cara memberikan editan yang sesuai dengan foto yang akan di bagikannya di instagram, kemudian pemilihan lokasi dan angel dalam sebuah foto. selain itu tidak sepenuhnya membentuk citra diri di media sosial mendapatkan dampak yang negatif. Kemudian dengan adanya teknologi internet dan di bekali dengan smartphone, intensitas untuk menggunakan smartphone lebih besar di bandingkan sebelum maraknya teknologi internet. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa mereka mendapatkan dampak positif yang menguntungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.14/18 Zak m
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, media sosial, instagram, citra diri, net generation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3602-3640 School life. Student manners and customs
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
DINDA MARTA ALMAS ZAKIRAH, 071411433010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong suyanto, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Feb 2018 19:40
Last Modified: 28 Feb 2018 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70247
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item