ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TIPE B DI KOTA SEMARANG(Studi Selama Periode Bulan Januari 2016)

Wahyu Septoadi, 051214153016 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TIPE B DI KOTA SEMARANG(Studi Selama Periode Bulan Januari 2016). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Waktu tunggu pelayanan resep di rumah sakit sangat erat kaitannyan dengan pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan resep merupakan salah satu penentu dalam mutu pelayanan. Sebagian waktu tunggu pelayanan resep di Instalasi Farmasi Rumah Sakit belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep dan penyebab lamanya waktu tunggu pelayanan resep di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Penelitian menggunakan metode cross-sectional dengan instrumen berupa form pencatatan waktu tunggu dan stopwatch. Sampel berupa resep yang masuk ke dalam Instalasi Farmasi Rawat Jalan, dengan jumlah sampel sebanyak 765 resep. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu jam pelayanan, jumlah resep, jenis resep dan jumlah tanda R/. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu waktu tunggu pelayanan resep. Analisis penelitian menggunakan analisa korelasi. Pengambilan data dilakukan selama periode Bulan Januari 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Waktu tunggu pelayanan resep non racikan selama 28,55 menit dan waktu tunggu pelayanan resep racikan selama 42,12 menit. Besarnya waktu tunggu pelayanan resp di Instalasi Farmasi rumah sakit tersebut dipengaruhi oleh jumlah tanda R/, jenis resep, jam pelayanan, dan jumlah resep. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diajukan yaitu Perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala dari pihak rumah sakit terhadap capaian waktu tunggu pelayanan resep, peningkatan sistem proses peresepan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan, dan penelitian terkait waktu tunggu pelayanan resep di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit, masih perlu dilakukan lebih lanjut

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TF 01/18 Sep a
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu, pelayanan resep
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Farmasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wahyu Septoadi, 051214153016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWahyu Utami, Dr.,MS.,AptUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2018 21:58
Last Modified: 28 Feb 2018 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70260
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item