PENGARUH WAKTU TERHADAP GOLONGAN DARAH SISTEM ABO PADA BERCAK SALIVA PUNTUNG ROKOK UNTUK IDENTIFIKASI FORENSIK

Mely Purnadianti, 091614653002 (2018) PENGARUH WAKTU TERHADAP GOLONGAN DARAH SISTEM ABO PADA BERCAK SALIVA PUNTUNG ROKOK UNTUK IDENTIFIKASI FORENSIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TIF 01-18 Pur p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses identifikasi tidak hanya dilakukan pada tubuh korban suatu tindak pidana, tetapi identifikasi juga dapat dilakukan pada alat bukti petunjuk yang telah ditemukan pada TKP. Waktu peristiwa suatu perkara kejahatan dan selang waktu pengumpulan alat bukti petunjuk suatu tindak kejahatan merupakan suatu kendala dalam proses identifikasi golongan darah saliva pada puntung rokok. Saliva akan mengering dalam kurun waktu satu jam empat puluh menit dalam suhu kamar dan dengan pengaruh berbagai faktor lain saliva akan mengering dalam waktu kurang dari tiga jam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lama paparan suhu terhadap kadar protein saliva rokok guna membantu proses identifikasi golongan darah forensik. Desain time series digunakan dalam penelitian ini dimana 18 puntung rokok filter dikumpulkan dari 6 individu yang dijadikan obyek penelitian dengan golongan darah A, B dan AB kemudian diinkubasi 1,3 dan 6 jam. Pemeriksaan kadar protein dilakukan mengunakan reagent trizol dengan pembacaan spektrofotometer UV. Data diolah mengunakan statistik non parametrik uji T.Terjadi penurunan kadar saliva dalam waktu yang telah ditentukan 1, 3 dan 6 jam. Kadar protein saliva puntung rokok masih dapat terdeteksi dalam kurun waktu 1 , 3 dan 6 jam sehingga dapat digunakan dalam membantu proses identifikasi golongan darah forensik dari saliva puntung rokok.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TIF.01/18 Pur p
Uncontrolled Keywords: Puntung Rokok, Saliva, waktu, Protein, Identifikasi Forensik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1001-1171 Forensic medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Mely Purnadianti, 091614653002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMieke Sylvia MAR, Prof. Dr..,drg.,MS.,Sp.Ort(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAhmad Yudianto, Dr. .,dr.Sp.F.,M.Kes.,S.HUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 01 Mar 2018 16:54
Last Modified: 01 Mar 2018 16:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item