VARIASI SPASIAL DAN TEMPORAL BIOMASSA KERANG BULU (Anadara p.) DI MUARA SUNGAI DADAPAN, KECAMATAN SEDATI, KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR

MUKHAMMAD ROIKHAN RAMADHAN, 141311133205 (2018) VARIASI SPASIAL DAN TEMPORAL BIOMASSA KERANG BULU (Anadara p.) DI MUARA SUNGAI DADAPAN, KECAMATAN SEDATI, KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.05-18 Ram v ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.05-18 Ram v SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya perikanan di Indonesia dan ekosistemnya mempunyai kedudukan dan peranan penting bagi kehidupan dan pembangunan nasional. Oleh karena itu harus dikelola dan dimanfaatkan secara lestari bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan umat manusia pada umumnya untuk sekarang dan di masa yang akan datang. Contoh sumber daya alam hayati laut yang harus dikelola dan harus dimanfaatkan dengan baik adalah kerang bulu karena sebagian besar kerang bulu yang dikonsumsi merupakan hasil tangkapan dari laut. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi spasial dan temporal biomassa kerang bulu (Anadara sp.) di muara sungai Daapan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2017 di muara sungai Dadapan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga, Surabaya. Metode kerja yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer yaitu data yang didapat dari sumber pertama seperti wawancara, observasi, dan sampel yang didapatkan pada saat penelitian. Secara spasial biomassa total kerang bulu (Anadara sp.) berada di muara sungai Dadapan. Secara temporal kisaran biomassa di muara sungai Dadapan lebih besar pada bulan Januari yaitu di stasiun 1,75 km sebesar 11,53 gr/m2, sedangkan biomassa di stasiun 2 km sebesar 9,79 gr/m2 dan biomassa di stasiun 1,5 km sebesar 5,49 gr/m2. Kecepatan arus di bulan januari berkisar 8-10 cm/detik, kecepatan angin pada bulan januari berkisar 2-3 knot, dan tinggi gelombang di bulan januari berkisar 1,76-0,81 meter sehingga persebaran kerang tidak pindah terlalu jauh karena faktor arus, angin dan gelombang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.05/18 Ram v
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUKHAMMAD ROIKHAN RAMADHAN, 141311133205UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKUSTIAWAN TRI PURSETYO, S.Pi., M.Vet.UNSPECIFIED
ContributorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Mar 2018 18:00
Last Modified: 01 Mar 2018 18:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item