PERAN AHLI BEDAH DIGESTIF PADA PENDIDIKAN AHLI BEDAH UMUM: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Bedah pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada Hari Sabtu Tanggal 14 Juli 2007

PAULUS SOETAMTO WIBOWO, Prof. (2007) PERAN AHLI BEDAH DIGESTIF PADA PENDIDIKAN AHLI BEDAH UMUM: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Bedah pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada Hari Sabtu Tanggal 14 Juli 2007. Fakultas Kedokteran, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (fulltext)
KKA KK PG. 05-11 Wib p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada masa lalu, pendidikan ahli bedah dilaksanakan melalui banyak bidang ilmu, tanpa penyaringan dan terlaksana dengan cara magang (aprenticeship). Dengan kemajuan ilmu kedokteran, pendidikan ahli bedah mengalami banyak perubahan. Pendidikan ahli bedah tidak lepas dari sejarah pembedahan. Pembedahan modern diawali oleh William Stewart Halsted (1852 - 1922) dari John Hopkins Hospital , Amerika dengan prinsip-prinsip Halstedian yang terkenal. Kemajuan teknologi ultrasonografi, Magnetic Resonance Imaging, Multi Slices CT, Advance Nuclear, scintigrafi, mass spectrometry, laser, laparoscopic, bedah robotik dan lain-lain, berpengaruh besar pada pendidikan ahli bedah.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG. 05-11 Wib p
Uncontrolled Keywords: Bedah Digestif, Pendidikan Ahli Bedah Umum
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
PAULUS SOETAMTO WIBOWO, Prof.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Mar 2018 19:38
Last Modified: 01 Mar 2018 19:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item