PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMITMEN PROFESIONAL, LOCUS OF CONTROL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU AUDIT DISFUNGSIONAL

INANDA SHINTA ANUGRAHANI, 041514253049 (2018) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMITMEN PROFESIONAL, LOCUS OF CONTROL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU AUDIT DISFUNGSIONAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat menyebabkan kebutuhan terhadap audit menjadi semakin meningkat. Tingginya tingkat persaingan bisnis menjadi sebuah tantangan bagi auditor independen untuk dapat menjaga kualitas dari laporan audit. Dalam mewujudkan laporan audit yang berkualitas, auditor independen perlu untuk meminimalkan perilaku audit disfungsional. Perilaku audit disfungsional dapat menurunkan kepercayaan publik terhadap kebenaran informasi laporan keuangan yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara komitmen organisasi, komitmen professional, locus of control, dan kepribadian terhadap perilaku audit disfungsional. Komitmen organisasi dan komitmen profesional merupakan bentuk tanggung jawab moral auditor independen terhadap organisasi. Locus of control dan kepribadian merupakan aspek di luar moral yang melekat pada pribadi auditor independen. Penelitian ini dilakukan pada auditor independen yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang terdapat di Surabaya, Sidoarjo, dan Malang dengan jumlah partisipan dalam penelitian adalah 143 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Komitmen organisasi, komitmen professional, locus of control, dan perilaku audit disfungsional diukur dengan menggunakan skala likert rentang 1-7. Kepribadian diukur dengan menggunakan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dengan berfokus pada dua kelompok kepribadian yaitu Sensing Feeling-Intuition Feeling (SF-NF) dan Sensing Thinking-Intuition Thinking (ST-NT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara negatif antara komitmen organisasi, locus of control, dan kepribadian terhadap perilaku audit disfungsional. Sedangkan komitmen profesional tidak berpengaruh terhadap perilaku audit disfungsional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TEA 07/18 Anu p
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasi, locus of control, tipe kepribadian, perilaku audit disfungsional
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
INANDA SHINTA ANUGRAHANI, 041514253049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2018 18:40
Last Modified: 01 Mar 2018 18:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70301
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item