PEMERIKSAAN BAKTERI Escherichia coli PADA SATE KERANG DARAH (Anadara granosa) YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA SURABAYA

USWATUN KHASANAH, 141211131242 (2018) PEMERIKSAAN BAKTERI Escherichia coli PADA SATE KERANG DARAH (Anadara granosa) YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.11-18 Kha p ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.11-18 Kha p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerang darah (Anadara granosa) adalah salah satu jenis kerang yang berpotensi dan bernilai ekonomis untuk dikembangkan sebagai sumber protein dan mineral untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Kota Surabaya merupakan salah kota di provinsi Jawa Timur yang menjadi produsen kerang darah. Adriyani (2009) menyebutkan Surabaya mempunyai makanan khas yang terbuat dari daging kerang yaitu sate kerang. Cara hidup kerang darah sebagai filter feeder sangat berpotensi mengakumulasi substansi pencemar, baik logam berat ataupun mikrobia. Sehingga penanganan dan pengolahan kerang darah yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi bakteri patogen (Retyoadhi, dkk., 2005). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Escherichia coli pada sate kerang darah (Anadara granosa) yang dijual di pasar tradisonal kota Surabaya yang melebihi Standar Nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode observasi. Observasi pada peneltian ini dilakukan terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan isolasi dan identifikasi bakteri Escherichia coli pada sate kerang dari pasar tradisional di kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat cemaran E. coli pada sate kerang darah yaitu sate kerang darah yang dijual di daerah Surabaya Pusat, Surabaya Selatan dan Surabaya Timur melebihi batas maksimal yang ditetapkan dalam SNI 7388:2009 yaitu batas maksimal cemaran E. coli pada produk kerang adalah <3,0 per gram daging berdasarkan uji MPN. MPN E. coli pada sate kerang darah yang tertinggi yaitu sate kerang darah yang dijual di daerah Surabaya Selatan dan Surabaya Timur yaitu 3,6 MPN per gram daging sate kerang darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.11/18 Kha p
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsEmail
USWATUN KHASANAH, 141211131242UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGunanti Mahasri, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorRahayu Kusdarwati, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Mar 2018 21:16
Last Modified: 01 Mar 2018 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item