KOMBINASI MINYAK IKAN DAN MINYAK CUMI PADA PENGKAYAAN Brachionus plicatilis TERHADAP RETENSI LEMAK DAN KANDUNGANASAM LEMAK LARVA IKAN KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus = FISH AND SQUID OIL COMBINATION IN Brachionus plicatilis ENRICHMENT TO LIPID RETENTION AND FATTY ACID CONTENT OF TIGER GROUPER × GIANT GROUPER Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus

ARINA SARAMOUTIA, 141311133028 (2018) KOMBINASI MINYAK IKAN DAN MINYAK CUMI PADA PENGKAYAAN Brachionus plicatilis TERHADAP RETENSI LEMAK DAN KANDUNGANASAM LEMAK LARVA IKAN KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus = FISH AND SQUID OIL COMBINATION IN Brachionus plicatilis ENRICHMENT TO LIPID RETENTION AND FATTY ACID CONTENT OF TIGER GROUPER × GIANT GROUPER Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.16-18 Sar k ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.16-18 Sar k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2021.

Download (984kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu cantang Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus pada stadia larva memerlukan kandungan lemak yang tinggi, yang digunakan sebagai sumber asam lemak dan sumber energi metabolisme. Jenis pakan alami yang digunakan untuk pembenihan larva ikan kerapu cantang adalah Brachionus plicatilis. B. plicatilis merupakan pakan alami yang bersifat filter feeder. Pakan yang dikonsumsi oleh B. plicatilis akan mempengaruhi kualitas nutrisinya terutama lemak. Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas lemak B. plicatilis, dengan cara pengkayaan menggunakan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi yang mengandung Eicosapentainoid acid (EPA) dan Docosahexaenoic acid (DHA) yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh B. plicatilis yang diperkaya dengan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi terhadap penurunan retensi lemak dan kandungan asam lemak larva ikan kerapu cantang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Perlakuan yang diberikan yaitu pemberian B. plicatilis tanpa diperkaya dengan kombinasi dan minyak cumi pada larva ikan kerapu cantang (P0) dan pemberian B. plicatilis yang diperkaya dengan kombinasi dan minyak cumi pada larva ikan kerapu cantang (P1). Data retensi lemak larva ikan kerapu cantang dianalisis menggunakan uji T dua sampel independent. Kandungan asam lemak larva ikan kerapu cantang dianalisis menggunakan metode deskripsi. Kandungan lemak B. plicatilis perlakuan P1 (8,53±1,45%) lebih tinggi dibandingkan perlakuan P0 (2,13±0,21%). Kandungan EPA B. plicatilis pada perlakuan P0 dan P1 masing – masing adalah 12,92 dan 15,59%. Kandungan DHA B. plicatilis pada perlakuan P1 dan P0 masing – masing adalah 2,26 dan 4,56%.Retensi lemak larva ikan kerapu cantang perlakuan P1 (24,73±0,75%) memiliki persentase yang lebih rendah dibandingkan dengan perlakuan P0 (55,4±5,50) dan memiliki perbedaan yang nyata (p<0,05). Kandungan EPA larva ikan kerapu cantang pada perlakuan P1 (8,62%) lebih tinggi dibandingkan perlakuan P0 (4,03 %). Kandungan DHA pada perlakuan perlakuan P1 (14, 24%) lebih rendah dibandingkan perlakuan P0 (16,51%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.16/18 Sar k
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
ARINA SARAMOUTIA, 141311133028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Mar 2018 22:26
Last Modified: 01 Mar 2018 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70319
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item