EFEKTIFITAS KOMBINASI RUMPUT LAUT (Gracilaria sp.). KERANG DARAH (Anadara granosa) DAN ZEOLIT SEBAGAI BIOFILTER DALAM PENURUNAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu).= COMBINATION EFFECTIVESS SEAWEED (Gracilaria sp.), BLOOD CLAM (Anadara granosa) ZEOLITE AS A BIOFILTER IN THE REDUCTION OF HEAVY METALS COPPER (CU)

IVAN ACHMADI, 141311132177 (2018) EFEKTIFITAS KOMBINASI RUMPUT LAUT (Gracilaria sp.). KERANG DARAH (Anadara granosa) DAN ZEOLIT SEBAGAI BIOFILTER DALAM PENURUNAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu).= COMBINATION EFFECTIVESS SEAWEED (Gracilaria sp.), BLOOD CLAM (Anadara granosa) ZEOLITE AS A BIOFILTER IN THE REDUCTION OF HEAVY METALS COPPER (CU). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.23-18 Ach e ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.23-18 Ach e SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air adalah obyek yang rentan tercemar selain tanah dan udara. Masalah pencemaran perairan laut menjadi hal yang sangat memprihatinkan. Limbah yang terdapat dalam perairan sepertinya sudah melebihi ambang batas toleransi biota perairan laut. Pencemaran perairan laut menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem Salah satu bahan pencemar yang di khawatirkan keberadaanya karena memiliki tingkat toksisitas yang tinggi dalam lingkungan perairan adalah pencemar logam berat. Logam berat sesuai dengan fungsinya dibedakan menjadi logam esensial (essential metal) dan non essensial (non-essential metal). Logam essensial merupakan logam yang sangat dibutuhkan keberadaannya dan di perlukan oleh organisme air dalam jumlah kecil, untuk memacu aktivitas enzim selama proses metabolisme tubuh. Jenis logam essensial antara lain: Cu, Fe, Zn, Mn, Mo, Se, dan Sn. Biofilter yaitu merupakan suatu metode yang dilakukan dengan memanfaatkan organisme hidup yang bertujuan untuk mengurangi suatu pencemaran dalam lingkungan perairan budidaya yang mengandung bahan limbah beracun. Biofilter kombinasi yaitu menggabungkan dua atau lebih mikroorganisme yang di tempatkan di satu wadah. Biofilter kombinasi yang digunakan yaitu rumput laut (Gracilaria sp.), kerang darah (Anadara granosa ) dan zeolit. Untuk penurunan logam berat tembaga (Cu) dilakukan penelitian efektifitas kombinasi rumput laut (Gracilaria sp.), kerang darah (Anadara granosa) dan Zeolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi rumput laut (Gracilaria sp.), kerang darah (Anadara granosa), dan zeolit terhadap penurunan logam berat tembaga (Cu). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik. Parameter utama pada penelitian ini adalah kandungan Cu pada daging kerang, rumput laut serta kualitas air pada akhir percobaan. Parameter pendukung pada penelitian ini adalah pengukuran suhu, dissolved oxygen (DO), pH, dan salinitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh yang berbeda nyata P <0,05. kerang darah dalam menurunkan konsentrasi logam berat Cu terbaik pada perlakuan P4 kombinasi A. granosa 100% dan Zeolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KKPK.BP.23/18 Ach e
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB610-615 Weeds, parasitic plants, etc.
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IVAN ACHMADI, 141311132177UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
ContributorAnnur Ahadi Abdillah, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Mar 2018 23:54
Last Modified: 01 Mar 2018 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item