PENGARUH DARI PERCEIVED CLUTTER, PERCEIVED GOAL IMPEDIMENT, DAN ATTITUDE TOWARD ADVERTISING TERHADAP ADVERTISING AVOIDANCE DI INSTAGRAM

BIANDA VERSA, 041514153002 (2018) PENGARUH DARI PERCEIVED CLUTTER, PERCEIVED GOAL IMPEDIMENT, DAN ATTITUDE TOWARD ADVERTISING TERHADAP ADVERTISING AVOIDANCE DI INSTAGRAM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSM 05-18 Ver p.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan media sosial meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan media sosial menawarkan beragam keuntungan bagi penggunanya. Peningkatan ini tidak hanya terjadi di negara maju saja tetapi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dampaknya adalah banyak pemasar yang menggunakan media sosial seperti Instagram untuk beriklan. Meningkatnya minat pengiklan terhadap media sosial ditanggapi positif oleh perusahaan media sosial, misalnya Instagram yang menambah variasi format iklan. Tetapi hal ini bisa berdampak negatif bagi pengguna media sosial. Penelitian ini mempelajari pengaruh dari perceived clutter, perceived goal impediment, dan attitude toward advertising terhadap advertising avoidance. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner mengenai iklan Instagram (sponsored post) pada 200 responden yang menggunakan Instagram di Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perceived clutter berpengaruh positif pada perceived goal impediment. Namun perceived clutter tidak berpengaruh signifikan pada attitude toward advertising. Perceived clutter juga tidak berpengaruh signifikan pada advertising avoidance. Selanjutnya, perceived goal impediment berpengaruh negatif pada attitude toward advertising tetapi perceived goal impediment berpengaruh positif pada advertising avoidance. Selain itu, attitude toward advertising juga berpengaruh negatif pada advertising avoidance.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM.05/18 Ver p
Uncontrolled Keywords: Advertising Avoidance, Perceived Clutter, Perceived Goal Impediment, Attitude toward Advertising
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
BIANDA VERSA, 041514153002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja, S.E., M.Com., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 04 Mar 2018 21:36
Last Modified: 04 Mar 2018 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item