PENGARUH PENAMBAHAN ASAM AMINO ESENSIAL LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN EICOSAPENTAENOIC ACID (EPA) dan DOCOSAHEXAENOIC ACID (DHA) IKAN PATIN (Pangasius sp.) = THE EFFECT OF ADDITION ESSENTIAL AMINO ACID LYSINE IN COMMERCIAL FEED TOWARDS CONTENT OF EICOSAPENTAENOIC ACID (EPA) and DOCOSAHEXAENOIC ACID (DHA) OF CATFISH (Pangasius sp.)

MOHAMMAD TAUFIQ SHIDQI, 141311133166 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM AMINO ESENSIAL LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN EICOSAPENTAENOIC ACID (EPA) dan DOCOSAHEXAENOIC ACID (DHA) IKAN PATIN (Pangasius sp.) = THE EFFECT OF ADDITION ESSENTIAL AMINO ACID LYSINE IN COMMERCIAL FEED TOWARDS CONTENT OF EICOSAPENTAENOIC ACID (EPA) and DOCOSAHEXAENOIC ACID (DHA) OF CATFISH (Pangasius sp.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.26-18 Shi p ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.26-18 Shi p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 6 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Patin memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya, seperti daging ikan patin tebal serta mudah di budidayakan. Kandungan asam lemak Omega-3 pada ikan air tawar pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan laut sehingga perlu dilakukan usaha perbaikan mutu ikan patin sebagai sumber Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA). Salah satu cara perbaikan dengan melalui input nutrisi pakan dengan penambahan asam amino lisin. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penambahan asam amino lisin pada pakan komersial dalam meningkatkan kandungan Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) daging ikan patin (Pangasius sp.). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari empat perlakuan dan lima kali ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pakan komersial yang ditambahkan asam amino lisin dengan dosis yang berbeda. Pada penelitian ini jumlah dosis lisin yang ditambahkan pada pakan komersial adalah: perlakuan P0 (0%), P1 (1,2%), P2(2,2%), dan P3 (3,2%). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah EPA dan DHA. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Begarda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan asam amino lisin pada pakan komersial selama 30 hari pemeliharaan mengalami pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap peningkatan kandungan Asam Eikosapentanoat (EPA) dan Asam Dokosaheksanoat (DHA) daging ikan patin (Pangasius sp.). Kandungan Asam Eikosapentanoat tertinggi terdapat pada perlakuan P1 sebesar 0,597% dengan penambahan asam amino lisin 1,2% dan kandungan Asam Dokoheksanoat tertinggi terdapat pada P2 sebesar 0,747% dengan penambahan asam amino lisin 2,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.26/18 Shi p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
MOHAMMAD TAUFIQ SHIDQI, 141311133166UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorMirni Lamid, Dr., drh. MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Mar 2018 18:03
Last Modified: 05 Mar 2018 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70388
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item