PERBANDINGAN EFEKTIFITAS DAYA SERAP PADA TANAMAN BAYAM MERAH (Alternantheraficoide), PAKCOY (Brassica rapaL.) DAN SELADA AIR (Nasturtium officinale) SISTEM AKUAPONIKTERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN LAJU PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO (Clariassp.) INTENSIF. = COMPARISON OF EFFECTIVITY OF ABSORBENT IN RED SPINACH (Alternanthera ficoide), PAKCOY (Brassica rapa L.) AND LETTUCE (Nasturtium officinale) IAPONIC SYSTEM TO SURVIVAL RATE AND GROWH OF CATFISH LEVEL DUMBO (Clarias sp.) INTENSIVE.

YESSICA SWASTIKA, 141311133083 (2018) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS DAYA SERAP PADA TANAMAN BAYAM MERAH (Alternantheraficoide), PAKCOY (Brassica rapaL.) DAN SELADA AIR (Nasturtium officinale) SISTEM AKUAPONIKTERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN LAJU PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO (Clariassp.) INTENSIF. = COMPARISON OF EFFECTIVITY OF ABSORBENT IN RED SPINACH (Alternanthera ficoide), PAKCOY (Brassica rapa L.) AND LETTUCE (Nasturtium officinale) IAPONIC SYSTEM TO SURVIVAL RATE AND GROWH OF CATFISH LEVEL DUMBO (Clarias sp.) INTENSIVE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.27-18 ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.27-18 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 6 March 2021.

Download (865kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele dumbo (Clariassp.) merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena permintaannya terus meningkat, mempunyai tingkat serapan pasar cukup tinggi, baik di pasar dalam negeri maupun ekspor.Salah satu alternatif untuk mengelola kualitas air adalah dengan sistema akuaponik.Sistem akuaponik mereduksi ammonia dengan menyerap air buangan budidaya atau air limbah dengan menggunakan akar tanaman sehingga amonia yang terserap mengalami proses oksidasi dengan bantuan oksigen dan bakteri. Tanaman yang pada umumnya digunakan nuntuk sistem akuaponik yaitu bayam merah, pakcoy, dan selada air yang mempunyai harga jual dan permintaan cukup tinggi. Amonia dalam kondisi anaerob dapat bersifat toksik yang akan menghambat laju pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanaman yang memiliki daya serap optimum untuk tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan secara optimal pada budidaya lele dumbo (Clarias sp.) dan mengetahui pengaruh daya serap tanaman yang optimum untuk tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan secara optimal pada budidaya lele dumbo (Clarias sp.) intensif dengan sistem akuaponik.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL).Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan, yaitu P0, P1, P2, P3 dengan ulangan sebanyak 5 kali.Parameter penelitian yang diamati adalah tingkat kelangsungan hidup, laju pertumbuhan lele dumbo, dan kualitas air pendukung (ammonia, suhu, pH, dan DO) panjang bayam merah, pakcoy, dan selada air awal-akhir. Hasil perhitunganuji Analisis of Varian (ANOVA) menunjukkan adanya pengaruh yang nyata (p<0,05). Berdasarkan Uji Jarak Berganda Duncanterdapat perbedaan yang nyata antara perlakuan P1,P2, dan P3 dengan perlakuan P0, sedangkan perlakuan P1 tidak berbeda nyata dengan perlakuan P2, dan P3. Tanaman yang optimum dalam penelitian ini adalah tanaman bayam merah dengan nilai tingkat kelangsungan hidup yaitu 85,714% dan laju pertumbuhan yaitu 1,717 %. Dan jenis tanaman yang berbeda pada sistem akuaponik berpengaruh terhadap tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan ikan lele dumbo (Clarias sp.) intensif .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.27/18 Swa p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
YESSICA SWASTIKA, 141311133083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPRAYOGO, S.Pi., MPUNSPECIFIED
Thesis advisorHari Suprapto, Dr., Ir., M.AgrUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Mar 2018 18:15
Last Modified: 07 Mar 2018 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item