KONFLIK PENGELOLAAN WISATA SUMBER MARON DESA KARANGSUKO KABUPATEN MALANG

MUHAMMAD ALIEF HIDAYAT, 071311333017 (2017) KONFLIK PENGELOLAAN WISATA SUMBER MARON DESA KARANGSUKO KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.07 18 Hid k.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.07 18 Hid k.pdf
Restricted to Registered users only until 6 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.07 18 Hid k.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata mempunyai peran yang penting untuk pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Desa wisata merupakan salah satu tujuan yang saat ini banyak diminati wisatawan. Karena adanya keinginan manusia untuk menguasai sumbersumber dan posisi yang langka (resource and scarcity) ini yang memicu terjadinya konflik. Kasus konflik yang menyangkut tentang pengelolaan wisata Sumber Maron merupakan benturan kepentingan (conflict of interest) antara satu pihak dengan pihak lain yang memperebutkan kepengelolaan wisata yang terdapat sumberdaya pada wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana akan mendeskripsikan faktor penyebab munculnya konflik dan bagaimana penyelesaian konflik. Penelitian ini menggunakan teori yang digagas oleh Maurice Duverger tentang konflik kepentingan. Penyebab konflik ini adalah mengenai ketidakjelasan struktur pengelola wisata Sumber Maron yang ada pada tahun 2012 sampai 2015 yang tidak memiliki struktur pengelola yang resmi pada saat itu, kedua adanya pihak dari BPSABS (Badan Pengelola Sarana Air Bersih dan Sanitasi) yang ingin mengambil ahli pengelola wisata Sumber Maron tersebut yang membuat pihak pemerintah desa Karangsuko ingin mempertahankan wisata Sumber Maron tetap harus dikelola oleh pihak pemerintah desa. Konflik yang terjadi dalam perebutan pengelolaan wisata Sumber Maron antara pemerintah desa Karangsuko dengan BPSABS merupakan konflik terbuka. Konflik tersebut berakar dalam dan nyata, sehingga diperlukan berbagai tindakan untuk menyelesaikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.07/18 Hid k
Uncontrolled Keywords: Konflik, Pemerintah Desa, Desa, Wisata Sumber Maron, Kepengelolaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUHAMMAD ALIEF HIDAYAT, 071311333017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPriyatmoko, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Mar 2018 19:07
Last Modified: 05 Mar 2018 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70399
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item