PENGARUH AKTIVITAS BROWSING, FLOW, DAN KEPERCAYAAN ONLINE TERHADAP NIAT PEMBELIAN BARANG-BARANG TERBARU DI INSTAGRAM (Studi Pada Follower Akun Instagram Kategori Produk Fashion, Gadget, dan Kuliner di Surabaya)

JIWANGGA HADI NATA, 041424153003 (2018) PENGARUH AKTIVITAS BROWSING, FLOW, DAN KEPERCAYAAN ONLINE TERHADAP NIAT PEMBELIAN BARANG-BARANG TERBARU DI INSTAGRAM (Studi Pada Follower Akun Instagram Kategori Produk Fashion, Gadget, dan Kuliner di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSM 14-18 Nat p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Popularitas Instagram yang pada awal peluncurannya merupakan media sosial untuk berbagi foto dan video, pada saat ini bertransformasi menjadi salah satu media pemasaran yang potensial. Pesatnya perkembangan M-Commerce membuat Instagram menjadi media sosial favorit bagi para pemasar untuk menstimuli perilaku konsumen melalui komunikasi pemasaran mereka. Pengguna Instagram sering memanfaatkan Instagram selain dipergunakan untuk berbagi koleksi foto dan video mereka, mereka juga menggunakan Instagram untuk mencari informasi tentang suatu produk dari akun yang mereka ikuti. Perasaan menyenangkan yang didapat dari menjelajahi aku Instagram membuat mereka tanpa terasa menghabiskan waktu lama pada aktivitas tersebut, dari informasi yang di dapatkan dari akun yang mereka ikuti, mereka akan semakin merasa ada rasa engagement pada akun Instagram yang mereka ikuti sehingga muncul rasa percaya terhadap akun tersebut dan menstimuli terjadinya niat pembelian pada produk-produk yang di posting akun yang mereka miliki. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh aktivitas browsing, kondisi flow, dan kepercayaan online terhadap niat pembelian produk terbaru di akun Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) sebagai dasar berpikir dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling, dan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Teknik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas browsing pada Instagram memiliki pengaruh positif terhadap kondisi flow, kepercayaan online, dan niat pembelian. Kemudian kepercayaan online pada akun di Instagram memiliki pengaruh positif terhadap kondisi flow. Demikian juga dengan variabel kondisi flow dan kepercayaan online juga memiliki pengaruh terhadap niat pembelian barang-barang terbaru di Instagram

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM.14/18 Nat p
Uncontrolled Keywords: Aktivitas browsing pada instagram, kondisi flow, kepercayaan online, kepercayaan online, niat pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
JIWANGGA HADI NATA, 041424153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja, S.E., M.Com., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 06 Mar 2018 16:58
Last Modified: 06 Mar 2018 16:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70404
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item