HUBUNGAN CARA ORANG TUA MENGASUH DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL AWAL SEKOLAH ANAK PRASEKOLAH DI PLAYGROUP TAMAN CERIA SURABAYA

Erlia Widyaningrum, 131211132050 (2017) HUBUNGAN CARA ORANG TUA MENGASUH DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL AWAL SEKOLAH ANAK PRASEKOLAH DI PLAYGROUP TAMAN CERIA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N 58 - 18 Wid h-Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N 58 - 18 Wid h.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Perkembangan psikososial anak usia prasekolah merupakan tahapan anak untuk berimajinasi mengkaji lingkungan dan meniru orang lain. Cara orang tua mengasuh anak prasekolah dengan tepat sangat diperlukan bagi anak untuk mempersiapkan anak bersekolah. Kenyataannya di Indonesia masih banyak orang tua yang kurang baik dalam memainkan peran dalam meningkatkan interaksi sosial dan mental anak. Akibatnya perkembangan psikososial anak menjadi terlambat seperti kendala dalam komunikasi dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan cara orang tua mengasuh dengan kemampuan sosial anak prasekolah di Playgroup Taman Ceria Surabaya. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan yaitu 20 responden orang tua yang memiliki anak yang bersekolah di Playgroup Taman Ceria Surabaya. Variabel bebas penelitian ini adalah cara orang tua mengasuh. Variabel terikat adalah kemampuan sosial awal sekolah anak prasekolah. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Spearman rho dengan tingkat signifikasi α = 0,05. Hasil: Hasil statistik menunjukkan terdapat hubungan yang sedang antara cara orangtua mengasuh dengan kemampuan sosial awal sekolah anak prasekolah (p=0,006)(r=0,592). Diskusi: Penelitian selanjutnya diharapkan untuk meneliti terkait karakteristik orang tua (peran pengasuhan terbesar, pola asuh) dengan kemampuan sosial anak prasekolah, sehingga orang tua dapat menerapkan cara mengasuh yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 58/ 18 Wid h
Uncontrolled Keywords: nurturing, parents, social skills of children, preschool children
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Erlia Widyaningrum, 131211132050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Mar 2018 18:03
Last Modified: 06 Mar 2018 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70410
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item