PERANAN AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN PADA PT. PRIMA ALLOY STEEL UNIVERSAL, Tbk DI SIDOARJO

ROSALIA ARIANTI, 049912494 E (2006) PERANAN AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN PADA PT. PRIMA ALLOY STEEL UNIVERSAL, Tbk DI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ariantiros-2786-a14506-k.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7042a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Bukan hanya dalam arti kemampuan dalam mempertahankan eksistensi perusahaan, tetapi dikaitkan dengan situasi persaingan yang dihadapi. Dengan adanya suatu konsep pemasaran yang jelas dan kemampuannya untuk membaca pasar, maka diharapkan fungsi pemasaran dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan audit operasional dalam menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pemasaran pada PT. Prima Alloy Stell Universal Tbk. Sehubungan dengan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana usaha pemasaran yang dilakukan PT. Prima Alloy Steel Universal Tbk agar pelaksanaannya bisa berjalan secara efektif dan efisien serta menunjukkan kepada manajemen manfaat peranan audit operasional sebagai alat bantu manajemen dalam menilai efektivitas dan efisiensi usaha pemasaran yang dilakukan perusahaan. Sejalan dengan masalah dan tujuan penelitian, maka pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Untuk pengumpulan data yang diperlukan, dilakukan studi lapangan melalui wawancara dan memberikan kuisioner dengan staf terkait, observasi langsung dan melihat catatan atau dokumen yang terdapat pada PT. Prima Alloy Stell Universal Tbk. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum kegiatan pemasaran sebagian besar berjalan dengan efektif dan efisien. Walaupun masih ditemukan ketidakefektivan dan ketidakefisienan dalam kegiatan pemasaran, namun dilihat dari volume penjualan sudah banyak mengalami peningkatan. Berdasarkan temuan tersebut maka diajukan rekomendasi sebagai masukan buat perusahaan, seperti halnya pelaksanaan riset pemasaran yang dilakukan untuk menilai studi potensi pasar dan pangsa pasar, pengukuran kepuasan pelanggan dan perilaku pembeli, hingga studi penetapan produk, harga, distribusi dan kegiatan promosi. Disinilah audit operasional digunakan sebagai alat bantu untuk menilai kinerja perusahaan agar lebih efektif dan efisien. Sehingga berdas-arkan ternuan tersebut maka dapat mendorong manajemen untuk melakukan tindakan perbaikan dan korektif yang berguna dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 145/2006 Ari p
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT AUDIT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ROSALIA ARIANTI, 049912494 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHendarjatno, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 08 Nov 2006 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item