KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK NUGGET IKAN PATIN (Pangasius sp.) DENGAN PENAMBAHAN GELATIN SEBAGAI BINDING AGENT

GINZA MUTIARA DEWAYANI, 141311133125 (2018) KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK NUGGET IKAN PATIN (Pangasius sp.) DENGAN PENAMBAHAN GELATIN SEBAGAI BINDING AGENT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.32-18 Dew k ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.32-18 Dew k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan patin (Pangasius sp.) merupakan jenis ikan konsumsi air tawar yang memiliki banyak manfaat. Upaya yang digunakan untuk memanfaatkan potensi hasil perikanan dari ikan patin (Pangasius sp.) adalah diversifikasi pengolahan menjadi nugget ikan. Proses pembuatan nugget antara lain pengukusan dan penggorengan. Proses tersebut akan menyebabkan keluarnya cairan dari produk dan mempengaruhi karakteristik produk. Maka perlu dilakukan penambahan bahan pengikat (binder) untuk meningkatkan daya mengikat air (binding agent) yaitu gelatin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan gelatin sebagai binding agent terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik nugget ikan patin (Pangasius sp.). Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengujian kadar air, analisa tekstur, dan pengujian organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan gelatin tidak berbeda nyata terhadap kadar air dan tekstur produk nugget ikan patin (Pangasius sp.). Pengujian organoleptik kenampakan nugget ikan patin (Pangasius sp.) tidak berbeda nyata, sedangkan bau, rasa, dan tekstur nugget ikan patin (Pangasius sp.) berbeda nyata. Konsentrasi gelatin terbaik dihasilkan oleh penambahan gelatin sebesar 7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.32/18 Dew k
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
GINZA MUTIARA DEWAYANI, 141311133125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahju Tjahjaningsih, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorMirni Lamid, Dr., drh. MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 20:55
Last Modified: 06 Mar 2018 20:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item