PENGARUH EDIBLE COATING GELATIN DENGAN MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH (Piper botle) TERHADAP MUTU SENSORIS DAN MASA SIMPAN FILLET IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy)

OLGA ADISTY, 141311133031 (2018) PENGARUH EDIBLE COATING GELATIN DENGAN MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH (Piper botle) TERHADAP MUTU SENSORIS DAN MASA SIMPAN FILLET IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.33-18 Adi p ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.33-18 Adi p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (998kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Edible coating merupakan lapisan tipis yang terbuat dari bahan-bahan biodegradable yang dapat dikonsumsi sebagai bagian dari produk makanan (Hosseini et al.,2016). Edible coating digunakan untuk melapisiproduk atau diletakkan di antara produk untuk melindungidari kerusakan mekanis dengan mengurangi transmisi uap air, aroma, danlemak dari bahan pangan yang dikemas(Siburian, 2015). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh coating gelatin dengan minyak atsiri daun sirih terhadap mutu sensoris dan masa simpan fillet ikan gurami. Gelatin adalah turunan dari serat kolagen yang ada pada kulit, tulang, dan tulang rawan. Di antara semua sumber protein, gelatin telah diteliti karena dapat membentuk film dan pelapis untuk melindungi makanan terhadap pengeringan, cahaya, dan oksigen (Gómez-Guillen et al., 2009). Penambahan minyak atsiri sebagai bahan antibakteri diharapkan mampu menjaga mutu sensoris dan memperpanjang masa simpan fillet ikan gurami karena mengandung senyawa antibakteri seperti fenol dan turunannya yaitu kavikol. Hasil penelitian ini berpengaruh terhadap mutu sensoris dan masa simpan fillet ikan gurami pada suhu ruang. Pengujian organoleptik, TPC, dan pH menjadi parameter utama pada penelitian ini. Penambahan gelatin dengan minyak atsiri mampu menghambat bakteri karena gelatin memiliki sifat sebagai pelindung dan minyak atsiri mengandung senyawa antibakteri pada fillet ikangurami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.33/18 Adi p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsEmail
OLGA ADISTY, 141311133031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorHeru Pramono, S.Pi., M.Biotech.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 21:10
Last Modified: 06 Mar 2018 21:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item