PENGARUH PEMBERIAN KOLKISIN TERHADAP UKURAN SEL DAN KANDUNGAN KAROTENOID Skeletonema costatum = THE EFFECT OF COLCHICINE ON CELL SIZE AND CAROTENOID CONTENT OF Skeletonema costatum

FAHIM NI’AMILLAH, 141311133197 (2018) PENGARUH PEMBERIAN KOLKISIN TERHADAP UKURAN SEL DAN KANDUNGAN KAROTENOID Skeletonema costatum = THE EFFECT OF COLCHICINE ON CELL SIZE AND CAROTENOID CONTENT OF Skeletonema costatum. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.34-18 Ni'a p ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.34-18 Ni'a p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (826kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skeletonema costatum merupakan salah satu pakan alami yang banyak digunakan dalam usaha pembenihan udang, ikan, kerang-kerangan, dan kepiting. Selain itu kandungan karotenoid yang dominan pada spesies ini menjadikanya bahan alternatif untuk ekstrak maupun campuran pakan pada ikan hias karena warna dan pigmentasi ikan hias dipengaruhi oleh penyerapan dan timbunan karotenoid dalam tubuh. Karotenoid merupakan pigmen utama pada kulit ikan hias,tetapi ikan tidak mampu mensintetis karotenoid. Kebutuhan karotenoid harus diberikan melalui pakan, terutama pada sistem pemeliharaan yang intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kolkisin terhadap ukuran dan kandungan karotenoid S. costatum. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) dan hasil penelitian dianalisa secara statistik. Perlakuan yang digunakan adalah penggunaan dosis yang berbeda, yaitu A (0,01%), B (0,025%), C (0,05%), D (0,075%), E (0,1%), dan dengan tiga ulangan pada setiap perlakuan. Parameter utama dalam penelitian adalah ukuran sel dan kandungan Karotenoid S. costatum. Parameter pendukung yang diamati adalah kualitas air dan kecepatan produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kolkisin terhadap S. costatum dapat berpengaruh terhadap ukuran dan kandungan karotenoid S. costatum. Hasil terbaik ditunjukkan pada dosis 0,05% kolkisin. S. costatum merupakan salah satu fitoplankton yang kandungan karotenoidnya tinggi, untuk itu diharapkan dapat dimanfaatkan selain untuk pakan alami seperti, kosmetik dan suplemen makanan, sehingga dapat menambah manfaat untuk yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.34/18 Ni'a p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FAHIM NI’AMILLAH, 141311133197UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAkhmad Taufiq Mukti, Dr., SPi., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 21:18
Last Modified: 06 Mar 2018 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70427
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item