PEMANFAATAN KAYU APU (Pistia stratiotes) SEBAGAI ITOREMEDIATOR TERHADAP KONSENTRASI DAN DEPOSIT LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) = WATER LETTUCE (Pistia stratiotes) AS A PHYTOREMEDIATOR ON LEAD (Pb) CONCENTRATION AND THE DEPOCIT ON TILAPIA GILLS (Oreochromis niloticus)

AISYAH ALIF DHIAN AMALIA, 141311133025 (2018) PEMANFAATAN KAYU APU (Pistia stratiotes) SEBAGAI ITOREMEDIATOR TERHADAP KONSENTRASI DAN DEPOSIT LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) = WATER LETTUCE (Pistia stratiotes) AS A PHYTOREMEDIATOR ON LEAD (Pb) CONCENTRATION AND THE DEPOCIT ON TILAPIA GILLS (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.38-18 Ama p ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.38-18 Ama p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (696kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan timbal (Pb) pada berbagai macam industri secara tidak langsung menyebabkan penurunan kualitas air dan mencemari biota yang hidup di dalamnya. Biota yang hidup pada lingkungan yang tercemar logam berat timbal dapat mengakumulasi timbal dalam tubuhnya, salah satunya adalah ikan nila. Kontaminasi tersebut perlu ditangani sehingga dapat memperbaiki kualitas air. Fitoremediasi adalah alternatifnya yang dapat mengurangi polutan dari perairan dan tanah dengan memanfaatkan tanaman. Salah satunya adalah tanaman kayu apu (Pistia stratiotes) karena mempunyai kandungan fitokelatin yang berperan sebagai pengikat logam berat. Penelitian ini membahas mengenai kemampuan P. stratiotes dalam mengurangi konsentrasi logam berat timbal pada air sehingga dapat mengurangi persentase penyerapan timbal oleh insang ikan nila. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rangcangan acak lengkap. Analisa konsentrasi timbal dilakukan dengan Atomic Absorption Spectrophotometry. Persentase kemampuan penyerapan P. stratiotes yaitu hingga 99,9%, setelah 15 hari pemeliharaan dalam media yang tercemar 1 ppm timbal. Menurunnya konsentrasi timbal pada media yang diberi P. stratiotes menyebabkan persentase konsentrasi timbal pada insang juga menurun selain itu juga diikuti dengan peningkatan konsentrasi timbal pada akar. Konsentrasi timbal pada insang berkurang hingga 34,7% lebih rendah dibandingkan dengan perlakuan tanpa pemberian tanaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pistia stratiotes dapat menurunkan konsentrasi timbal dalam media air dan insang ikan nila. Tanaman ini dapat digunakan sebagai fitoremediator pada air limbah yang mengandung timbal pada area yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.38/18 Ama p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AISYAH ALIF DHIAN AMALIA, 141311133025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
ContributorRr. Juni Triastuti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 23:34
Last Modified: 06 Mar 2018 23:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70435
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item