PERBANDINGAN EFEKTIFITAS DAYA SERAP TANAMAN BAYAM MERAH (Alternantheraficoide), PAKCOY (Brassica rapaL.) DAN SELADA AIR (Nasturtium officinale) SISTEM AKUAPONIK TERHADAP KONSENTRASI AMONIA (NH3), NITRAT (NO3), DANNITRIT (NO2)PADA BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO (Clariassp.) INTENSIF. = COMPARISON OF THE EFFECTIVENESS OF POWER PLANTS OF RED BAY (Alternantheraficoide), PAKCOY (Brassica rapaL.) AND WATER (Nasturtium Acidinale) ACAPAPONIC SYSTEMS TO AMONIA CONCENTRATION (NH3), NITRATE (NO3), AND NITRIT (NO2) ON FISH CULTURE LELE DUMBO (Clarias sp. ) INTENSIVE

DITTA KUSUMA DEWI, 141311133104 (2018) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS DAYA SERAP TANAMAN BAYAM MERAH (Alternantheraficoide), PAKCOY (Brassica rapaL.) DAN SELADA AIR (Nasturtium officinale) SISTEM AKUAPONIK TERHADAP KONSENTRASI AMONIA (NH3), NITRAT (NO3), DANNITRIT (NO2)PADA BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO (Clariassp.) INTENSIF. = COMPARISON OF THE EFFECTIVENESS OF POWER PLANTS OF RED BAY (Alternantheraficoide), PAKCOY (Brassica rapaL.) AND WATER (Nasturtium Acidinale) ACAPAPONIC SYSTEMS TO AMONIA CONCENTRATION (NH3), NITRATE (NO3), AND NITRIT (NO2) ON FISH CULTURE LELE DUMBO (Clarias sp. ) INTENSIVE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.39-18 Dew p ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.39-18 Dew p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele merupakan salah satu spesies ikan air tawar yang mengandung sumber protein hewani dan bernilai ekonomis. Dalam kegiatan budidaya terutama budidaya intensif tentu saja akan menghasilkan limbah padat dan limbah cair yang berasal dari feses dan sisa pakan ikan. Akumulasi limbah tersebut dapat menyebabkan penurunan kualitas air yang berpengaruh terhadap proses fisiologis, tingkah laku, pertumbuhan, dan mortalitas ikan. Inovasi teknologi diperlukan untuk pengelolaan kualitas air dan meningkatkan produktifitas akibat penyusutan lahan budidaya. Salah satu inovasi teknologi yang dapat diterapkan yaitu penggabungan budidaya ikan dengan tanaman melalui sistem akuaponik. Akuaponik adalah bio-intergrasi yang menggabungkan akuakultur dengan sayuran atau tanaman hidroponik dengan berprinsip resirkulasi (Diver, 2006). Teknologi akuaponik mampu memproduksi ikan secara optimal pada lahan sempit dengan sumber air terbatas dan dapat diaplikasikan di daerah perkotaan (Diver, 2006).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tanaman dan pengaruhnya terhadap penyerapan konsentrasi amonia (NH3), nitrat (NO3), dan nitrit (NO2) secara optimal pada budidaya lele dumbo (Clarias sp.) intensif dengan sistem akuaponik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan membandingkan efisiensi daya serap kandungan ammonia, nitrat, dan nitrit dari budidaya lele dumbo intensifdengan sistem akuaponik pada awal sebelum diberikan perlakuan dan setelah perlakuan.Rancanganpenelitian yang digunakanadalahRancanganAcakLengkap (RAL).Penelitianinimenggunakan 4 perlakuan, yaitu P0, P1, P2, P3 dengan ulangan sebanyak 5 kali.Parameter penelitian yang diamati adalahkadarammonia, nitratdannitritpengukuranPh, suhudan DO sertapanjang bayam merah, pakcoy, dan selada air awal-akhir. Hasil perhitunganujiAnalisis of Varian (ANOVA) menunjukkan adanya pengaruh yang nyata (p<0,05). Berdasarkan Uji Jarak Berganda Duncanterdapat perbedaan yang nyata antara perlakuan P1,P2, dan P3 dengan perlakuan P0, sedangkan perlakuan P1 tidak berbeda nyata dengan perlakuan P2, dan P3. Tanaman yang optimum untukmenyerap ammonia, nitratdannitritdalam penelitian ini adalah tanaman bayam merah dengan nilaikadar 0,00635(NH3), 58,259(NO3)dan 0,00098(NO2) danjenis tanaman yang berbeda berpengaruh terhadap penurunan konsentrasi amonia, nitrit, dan nitrat pada budidaya lele dumbo (Clarias sp.) intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.39/18 Dew p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
DITTA KUSUMA DEWI, 141311133104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MPUNSPECIFIED
Thesis advisorHariSuprapto, Dr., Ir., M.AgrUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 23:42
Last Modified: 06 Mar 2018 23:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item