PENGARUH PENAMBAHAN ASAM AMINO ESENSIAL LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN OMEGA 3 DAN OMEGA 6 IKAN PATIN (Pangasius sp.) = THE EFFECT OF ADDITION ESSENTIAL AMINO ACID LYSINE IN COMMERCIAL FEED TOWARDS CONTENT OF OMEGA 3 AND OMEGA 6 OF CATFISH (Pangasius sp.)

MUHAMMAD AINUL YAQIN, 141311133168 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM AMINO ESENSIAL LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN OMEGA 3 DAN OMEGA 6 IKAN PATIN (Pangasius sp.) = THE EFFECT OF ADDITION ESSENTIAL AMINO ACID LYSINE IN COMMERCIAL FEED TOWARDS CONTENT OF OMEGA 3 AND OMEGA 6 OF CATFISH (Pangasius sp.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.42-18 Yap p ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.42-18 Yap p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan patin sudah banyak dibudidayakan baik di karantina maupun dikolam. Ikan patin memilki daging berwarna kuning. Warna kuning itu disebabkan antara lain oleh kadar lemak daging yang tinggi. Produksi patin dari tahun ke tahun meningkat dan pembudidayanya juga sudah mulai dipraktikan oleh masyarakat untuk dikembangkan. Munisa dkk,(2015) menyatakan bahwa, pakan merupakan faktor terpenting dalam keberhasilan kegiatan budidaya ikan secara tradisional maupun intensif dalam penyusunan komposisi pakan ikan, keseimbangan antara protein dan energinya perlu diperhatikan. Ikan patin membutuhkan asam amino esensial dalam pakannya untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu asam amino esensial yaitu lisin. Peranan lisin sangat vital dalam metabolisme , karena lisin digunakan untuk sintesis protein maupun menyusun komponen penting lainnya yang digunakan unuk metabolisme. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penambahan asam amino lisin pada pakan komersial dalam meningkatkan kandungan Omega 3 dan Omega 6 daging ikan patin (Pangasius sp.). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari empat perlakuan dan lima kali ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pakan komersial yang ditambahkan asam amino lisin dengan dosis yang berbeda. Pada penelitian ini jumlah dosis lisin yang ditambahkan pada pakan komersial adalah: perlakuan P0 (0%), P1 (1,2%), P2(2,2%), dan P3 (3,2%). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah Omega 3 dan Omega 6. Analisis data menggunakan Analisis of Variabel (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Begarda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan asam amino lisin pada pakan komersial selama 30 hari pemeliharaan mengalami pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap peningkatan kandungan Omega 3 dan Omega 6 daging ikan patin (Pangasius sp.). Kandungan Omega 3 tertinggi terdapat pada perlakuan P1 sebesar 2.076 % dengan penambahan asam amino lisin 1,2% dan kandungan Omega 6 tertinggi terdapat pada P3 sebesar 22,149% dengan penambahan asam amino lisin 3,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.42/18 Yaq p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD AINUL YAQIN, 141311133168UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorWidya Paramita Lokapimasari, Dr., drh. MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Mar 2018 00:09
Last Modified: 07 Mar 2018 00:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70440
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item